nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peredaran Ganja di Jabar, Terbesar Kedua Setelah Aceh

Oris Riswan, Jurnalis · Selasa 19 Agustus 2014 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 19 526 1026873 EizsvowIh8.jpg Ilustrasi Ganja

BANDUNG- Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat, Brigjen Pol Anang Pratanto, menyebut Jawa Barat sebagai wilayah terbesar kedua peredaran narkoba jenis ganja. Tempat terbesar pertama adalah Aceh.

"Jawa Barat menjadi provinsi dengan urutan terbesar kedua dalam peredaran ganja setelah Aceh," ujar Anang di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/8/2014).

Tingginya peredaran ganja di Jawa Barat didukung oleh jumlah penggunanya yang banyak. Hal itu memicu para pengedar menjual ganja di Jawa Barat.

Pada 2014, Anang menyebut penyalahgunaan narkotika di Jawa Barat mencapai 2,6 persen dari total penduduk Jawa Barat sekira 45 juta. Dari jumlah itu, dua persen di antaranya adalah kasus ganja.

"Oleh karena itu diperlukan upaya penanggulangan yang maksimal, terpadu, dan berkesinambungan dari semua pihak," ungkapnya.

Ia mengatakan, ganja yang beredar di Jawa Barat berasal dari Aceh. Cara pengirimannya pun beragam dan dilakukan dengan kreatif.

"Ada yang lewat jalur darat, laut, dan udara. Yang kita tangkap pada bulan Juli lalu, ganjanya disimpan di dalam mobil truk tronton, di atasnya ada mainan. Jadi seolah membawa mainan padahal dibawahnya ada tumpukan ganja," tandasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini