Share

Suami Istri Bisa Cerai Apalagi Koalisi di Parlemen

Gunawan Wibisono, Okezone · Selasa 26 Agustus 2014 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 26 567 1029794 Wl0Osg9cJI.jpg Ilustrasi koalisi (Dok Okezone)

JAKARTA - Direktur Emrus Corner, Emrus Sihombing, meyakini bahwa Koalisi Merah Putih tidak akan berkibar di parlemen.

 

Menurutnya, segala sesuatu yang berkaitan dengan politik tidak ada yang permanen dan mengikat. Dengan demikian sebelum Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dilantik Emrus meramalkan lebih dari satu partai yang akan mencoba merapat.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

 

"Bahwa Koalisi Permanen ini sesungguhnya tidak ada, suami isteri saja bisa cerai, dan pacaran saja bisa putus. Jadi kalau dikatakan permanen, tidak ada fenomena politik yang permanen," ujar Emrus kepada Okezone di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

 

Emrus yang juga pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) menambahkan, terlebih Jokowi yang sudah berseloroh bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat akan merapat ke Koalisi Indonesia Hebat, dengan demikian tanda-tandanya, kata Emrus, ada beberapa partai yang tidak ingin berada di luar pemerintahan.

 

"Saya fikir tidak akan permanen dan tidak begitu lama, dan tidak akan sampai ke parlemen," jelanya.

 

Ditandaskannya, artinya sebelum Jokowi dan JK dilantik menjadi pemimpin negara, publik sedang menunggu partai mana yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat.

 

Merujuk pada ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Prabowo Subianto dan Muhammad Hatta Rajasa, maka pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden akan digelar pada 20 Oktober 2014.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini