Share

Jokowi-JK & PDIP Bahas Realokasi RAPBN 2015

Renald Ghiffari, Okezone · Selasa 26 Agustus 2014 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 26 567 1030228 STYP040pLq.jpg Jokowi-JK (Dok Okezone)

JAKARTA - Presiden dan Wapres RI terpilih, Jokowi-JK, melaksanakan rapat internal dengan Fraksi PDI Perjuangan, yang juga dihadiri oleh Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, Selasa (16/8/2014).

 

Menurut Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto, pembicaraan di dalam rapat itu mempertegas pelaksanaan politik alokasi dan distribusi anggaran berbasiskan visi-misi dan program aksi Jokowi-JK.

 

"Pembahasan RAPBN tersebut membuka optimisme baru bahwa transisi pemerintahan akan berjalan dengan baik," kata Hasto usai rapat di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

 

Pada kesempatan itu, Hasto juga menegaskan Tim Transisi Jokowi-JK dan Fraksi PDI-P menyambut baik gagasan yang disampaikan oleh Pemerintahan SBY terhadap ruang yang diberikan untuk melakukan realokasi anggaran.

 

"Hal-hal terkait dengan program Kartu Indonesia Sehat, Indonesia Pintar, komitmen prioritas pembangunan dari desa, dan pengembangan infrastruktur yang menopang pertumbuhan investasi, menjadi lebih realistis untuk segera dijalankan pada tahun anggaran yang akan datang," kata Hasto.

 

Dalam pembahasan di rapat itu, dapat diproyeksikan besarnya dukungan rakyat dan pelaku usaha terhadap pemerintahan baru sehingga target pertumbuhan ekonomi nasional diupayakan 5,8 persen.

 

"Pertumbuhan yang lebih berkualitas, dan pada saat bersamaan struktur fiskal dirancang lebih pruden melalui reformasi perpajakan," katanya.

 

Reformasi sistem perpajakan dianggap penting, bukan hanya sebagai instrumen penerimaan negara yang semakin besar kontribusinya, namun juga sebagai instrumen keadilan. "Dari tax ratio dan potensi jumlah wajib pajak, maka harapan untuk mewujudkan postur fiskal yang menstimulus kesempatan kerja bagi rakyat akan semakin besar," ujar Hasto.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini