nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Penadah Emas & Berlian Pencurian, Pedagang Emas Ditangkap

Yudhi Maulana, Jurnalis · Rabu 27 Agustus 2014 05:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 27 501 1030314 U7af7gNTrX.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BOGOR - Pedagang emas asal Jakarta ditangkap karena melakukan penadahan terhadap barang berupa emas dan berlian hasil curian.

Kapolres Bogor Kota, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, mengatakan, kedua tersangka berinisial WD (35), dan RS (30), telah menadah emas dan berlian hasil pencurian yang dilakukan oleh DN yang kini masih buron.

"Dua tersangka ini kita tangkap di Jakarta. Diduga, keduanya merupakan penadah barang hasil curian berupa emas dan berlian," jelasnya di Mapolres Bogor Kota, Selasa (26/8/2014).

Ia menjelaskan, pencurian tersebut terjadi beberapa waktu lalu di sebuah minimarket di daerah Salabenda Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Pelaku melakukan pencurian dengan memecah kaca mobil dan mengambil sejumlah barang berharga, diantaranya emas dan berlian.

Atas kejadian tersebut, korban bernama Irfan Affandi melaporkan ke Kepolisian dan mengaku telah kehilangan 50 perhiasan emas dan berlian. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dan mendapatkan adanya informasi jual-beli barang curian tersebut.

"Barang bukti yang kita dapatkan merupakan perhiasan emas dan berlian yang belum sempat terjual oleh pelaku," tambahnya.

Sementara pelaku, RS berdalih tak mengetahui bahwa perhiasan emas dan berlian yang dititipkan kepadanya adalah barang berlian.

"Saya enggak tahu kalau itu curian, saya niatnya cuma bantu jual barang. Perhiasan yang saya terima memang gak ada surat-suratnya," ungkapnya.

Kasatreksrim Polres Bogor Kota, AKP Condro Sasongko mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengembangan kasus pencurian emas dan berlian ini. "Kita masih terus lakukan pengembangan. Sementara DR sebagai pelaku pencuriannya belum tertangkap, maka dia dan kelempoknya akan kita teurs telusuri," ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 480 KUHP tentang penerima atau penadah hasil barang curian dengan ancaman lima tahun penjara.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini