Share

Pemulung Tarik Gerobak Ratusan Kilometer Demi Jokowi

Asep Juharyono, Sindo TV · Kamis 28 Agustus 2014 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 28 567 1030821 63MXsqdM4I.jpg Jokowi (Dok Okezone)

TASIKMALAYA- Hanya beralaskan sandal jepit butut, dua pria pemulung asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menarik gerobak sampahnya sejauh ratusan kilometer menuju ibu kota. Semuanya demi nazar kemenangan Jokowi sebagai presiden yang diharapkan bisa membebaskan mereka dari belenggu kemiskinan.

 

"Nazar ini sudah kami niatkan saat pertama kali Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden," terang salah satu pemulung, Syaripudin, Rabu (27/8/2014).

 

Bersama teman akrabnya, Iik (40), pria berusia 42 tahun ini bahkan rela meninggalkan sang istri, Sri Mulyani yang tengah mengandung calon anaknya yang ke-9. Untuk meyakinkan istrinya, ia memberikan uang belanja sebesar Rp 50 ribu sepeninggal perjalanannya ke ibu kota. Sementara, ongkos perjalanan dipenuhi dengan memungut barang bekas sepanjang rute mereka untuk dijual.

 

"Kami menaruh harapan besar, pemerintahan Jokowi bisa mengubah nasib masyarakat miskin seperti kami dan memperluas lapangan pekerjaan," urai Syaripudin. Harapan itulah yang bakal ia sampaikan jika nanti impiannya bertemu Jokowi terwujud.

 

Menilik semangat besar keduanya, mungkin tak salah jika presiden ke-7 Indonesia tersebut seharusnya memikirkan pemberdayaan tenaga kerja informal seperti Syaripudin dan Iik.

 

Meski bertahun-tahun bertahan di gubuk beratap terpal serta berdinding triplek 3x3 meter yang menempel tembok rumah orang, perekonomian keduanya susah bangkit. Penghasilan maksimal yang didapatkan mereka sekitar Rp 30 ribu per hari. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, mereka berupaya keras anak-anaknya tak putus sekolah.

 

"Penderitaan ini menjadi semangat kami untuk tetap hidup dan memilih pemimpin yang memikirkan nasib bangsa," tegas Syaripudin.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini