Ospek UIN Sunan Ampel Menuai Kontroversi

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 01 September 2014 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 01 373 1032812 px53HpVDWJ.jpg Ospek di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel, Surabaya, mengundang kontroversi karena tema "Tuhan Membusuk; Re-konstruksi Fundamentalisme Menuju Islam Kosmopolitan". (Foto: Facebook)

JAKARTA - Orientasi pengenalan kampus (ospek) biasanya bertujuan memperkenalkan kehidupan kuliah dan lingkungan kampus. Karena itu, kegiatan ospek umumnya mengusung tema edukatif dan motivatif.

Tetapi, ospek di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya, tahun ini justru mengundang kontroversi. Pasalnya, kegiatan yang bertajuk Orientasi Studi Cinta Akademik dan Almamater (OSCAAR) yang digelar pada 28-30 Agustus lalu memasang tema "Tuhan Membusuk; Re-konstruksi Fundamentalisme Menuju Islam Kosmopolitan".

Sejak akhir pekan lalu, foto spanduk OSCAAR yang dengan jelas memperlihatkan tema tersebut ramai tersebar di media jejaring sosial dan forum diskusi. Banyak orang menyayangkan kampus berfondasi agama tersebut malah mengangkat tema kontroversial dalam kegiatan pengenalan bagi mahasiswa barunya.

Meski demikian, kontroversi ini tidak membesar seperti kasus status Path yang dipublikasikan Florence Sihombing. Mahasiswa S-2 Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut menjelek-jelekkan Kota Yogakarta dan langsung menjadi target bullying lini masa media sosial.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini