Share

Wanita Thailand Miliki Tangan Raksasa

Andyta Fajarini, Okezone · Jum'at 05 September 2014 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 04 214 1034352 MXbCgV3m6n.jpg Wanita Thailand Miliki Tangan Raksasa (Foto:Baccot Media)

SURIN - Seorang wanita asal Thailand memiliki kondisi fisik yang sangat unik. Kedua tangan Duangjay Samaksamam, membesar hingga seberat 9,5 kilogram (Kg).

Wanita 59 tahun ini menderita penyakit yang sangat langka macrodystrophia lipomastosa. Penyakit ini membuat si penderita mengalami pembengkakan pada kedua lengan atau kaki.

Tangan Duangjay membesar dari bahu hingga ke jari tangannya. Menurut dokter, penyakitnya ini susah untuk disembuhkan dan salah satu obatnya adalah amputasi.

Wanita yang tinggal di Surin, Thailand, ini telah menderita penyakit macrodystrophia lipomastosa lebih dari 50 tahun.

Akibat penyakitnya ini Duangjay sangat kesulitan melakukan aktivitasnya, seperti mencuci dan menyisir rambutnya.

Karena merasa malu dengan kondisi fisiknya, wanita pemilik toko di Thailand ini mengurung diri selama 20 tahun dan tidak pernah pergi ke sekolah.

Penyakit Duangjay ini telah menarik perhatian para petugas medis di seluruh dunia. Banyak upaya yang dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada tangannya tersebut, tetapi sampai saat ini tidak ada satupun yang berhasil.

“Tanganku begitu berat, saya hampir tidak bisa mengangkatnya untuk menyisir atau keramas rambut dan itu sangat sulit,” ujar Duangjay, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (5/9/2014).

“Beberapa dokter mengatakan satu-satunya solusi adalah dengan memotong tangan saya jika ingin berjalan-jalan dengan bebas. Tapi, saya tidak ingin melakukan itu,” tambahnya.

Ahli bedah plastik, Dr Eiju Uchinuma, mengatakan bahwa penyakit yang diderita Duangjay sangat langka.

“Kasus  ini sangat langka. Kedua lengannya sangat besar, sehingga mereka membengkak parah dan sampai saat ini penyebab penyakit tersebut belum dapat diketahui,” ujar Dr Eiju.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini