nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Jenderal Ini Akan Berebut Jadi Kapolri

Tri Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 06 September 2014 06:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 06 339 1035083 47vTMmepQ6.jpg

JAKARTA - Masa tugas Jenderal Sutarman sebagai Kapolri baru habis pada 2015. Namun, nama-nama calon penerus Sutarman sudah bermunculan.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Edi Hasibuan, menyebut Komjen Budi Gunawan, Komjen Suhardi Alius, Komjen Putu Eko Bayu Seno, dan Komjen Dwi Priyatno, pantas bertarung memperebutkan jabatan itu.

"Salah satu dari empat itulah yang mungkin jadi Kapolri. Pak Sutarman akan selesai pada 2015. Kapan waktunya tergantung presiden," kata Edi kepada Okezone, Jumat (6/9/2014).

Dwi Prayitno sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Digantikan Irjen Pol Unggung Cahyono, Dwi ditarik ke Mabes Polri sebagai Inspektur Pengawasan Umum Polri. Edi memaknai jabatan baru Dwi sebagai kode bahwa pria asal Purbalingga itu akan masuk nominator calon kapolri.

"Nanti, Kompolnas akan mengumpulkan data dan rekam jejak calon, siapa yang bagus tergantung presiedn. Kalau Kompolnas hanya saran dan pertimbangan saja," terangnya.

Edi mengatakan, jenderal bintang dua bukan tidak mungkin juga masuk daftar kandidat calon kapolri. Akan tetapi, jika melihat syarat yang berlaku calon kapolri harus bintang tiga dengan memperhatikan kepangkatan dan karir. "Itu syaratnya sesuai UU Polri," tegasnya.

(trk)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini