Share

Macet di Bekasi Menggila, Pemkot Klaim Siapkan Solusi

Djamhari, Okezone · Sabtu 06 September 2014 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 06 501 1035038 E7Kh7z31hL.jpg

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi mengklaim sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi kemacetan yang semakin parah. Menurut Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi beberapa ruas jalan di Kota Bekasi akan diperlebar.

Salah satu akses yang akan diperlebar yakni, Jalan KH. Noer Ali (sisi selatan Jalan Kalimalang). "Nanti sisi selatan Jalan Kalimalang akan dilebarkan sekira 2-3 meter," kata Rahmat, Jumat (5/9/2014).

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Pelebaran Jalan KH. Noer Ali akan digarap mulai dari depan Metropolitan Mal hingga Sumber Arta yang berbatasan langsung dengan wilayah DKI Jakarta.

Tindakan tersebut diharapkan mengurai kemacetan yang terjadi akibat dibukanya pintu exit Tol Bekasi Barat Tiga. "Kita akan gandeng pihak ketiga dalam pengerjaannya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan pelebaran jalan alternatif tersebut masih dalam proses pembebasan lahan.

Karena menurutnya, pelebaran jalan di lokasi tersebut membutuhkan lahan selebar 2-3 meter sepanjang 3 kilometer.  Sesuai target, badan jalan alternatif tersebut akan dilebarkan menjadi 7 meter.

"Anggaran yang kami butuhkan untuk pelebaran sebesar Rp29 miliar," ungkapnya.

Program ini akan terlaksana dengan menggandeng pihak ketiga. Pemkot Bekasi juga akan meminta bantuan dari Pemprov Jawa Barat dan DKI Jakarta. "Untuk sama-sama membantu pelebaran jalan sepanjang 3 kilometer," jelasnya.

Lanjut Tri, pelebaran jalan juga akan dilakukan di Jalan Joyo Martono, atau depan pintu masuk Tol Bekasi Timur. "Lokasi itu juga kerap jadi langganan kemacetan," tuturnya.

Titik kemacetan di Bekasi yakni depan Metropolitan Mal, Jalan KH Noer Ali depan Bekasi Cyber Park, Jalan Jenderal Sudirman depan Grand Mal, dan pintu Tol Timur. (Klik: Macet di Bekasi Sudah Menggila)

Kemudian, pintu Tol Barat, pintu Tol Jatiwaringin, simpang Harapan Indah, simpang Pondok Ungu, simpang Alexindo, dan Jalan Caman, simpang Rumah Sakit Bella Bekasi Timur, Jalan Perjuangan, Jalan Ir H Juanda, simpang Kemang Pratama, Jalan Siliwangi-Pendawa, simpang Komsen-Jatiasih, putaran Pasar Pondok Gede, Super Indo-Giant Galaxy, dan Jalan Cut Mutia.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini