nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud: Semua Bisa Jadi Juara

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Sabtu 06 September 2014 17:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 06 560 1035230 Qnb5r5wGfL.jpg Mendikbud: Semua Bisa Jadi Juara (Foto: dok. okezone)

LOMBOK - Setiap tahun, delegasi dari pulau Jawa kerap menyabet gelar juara umum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Bahkan, ada pameo "Dominasi Jawa" dalam berbagai kompetisi akademik nasional.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menampik hal tersebut. Menurutnya, menang atau kalah adalah hal yang biasa terjadi dalam setiap lomba.

Jika tidak menang, bukan berarti peserta atau daerah yang diwakilinya tidak naik peringkat. Bisa jadi, peserta lain memang mengalami peningkatan lebih pesat.

"Kalau diperhatikan, Gorontalo dan Sumatera Barat juga mengoleksi cukup banyak medali. Itu artinya tidak mutlak pemenang harus dari Jawa," ujar Nuh usai acara penutupan OSN 2014 di Lombok, NTB, Sabtu (6/9/2014).

Nuh berharap, sekolah di luar Jawa juga bisa berinteraksi melalui kompetisi seperti ini. Sebab, semua memiliki kesempatan yang sama untuk jadi pemenang.

"Dengan potret seperti ini, sekolah yang terutama dari luar Jawa terpacu meningkatkan kualitasnya," imbuhnya.

Sementara itu, Nuh juga melihat peluang pelajar Indonesia di tingkat internasional tidak kalah dengan pelajar dari negara lain. Siswa Indonesia kerap meraih medali dalam olimpiade sains berbagai bidang seperti biologi, fisika, kimia, astronomi dan matematika.

"Mereka yang juara di OSN ini akan masuk kamp pelatihan nasional (pelatnas) untuk disiapkan di olimpiade sains dunia," ujar Nuh. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini