nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbankan Syariah Mulai Diminati Siswa

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Rabu 10 September 2014 14:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 10 373 1036936 8X73wgW9td.jpg Perkembangan pesat perbankan syariah di Indonesia membuat bidang ini mulai dilirik oleh calon mahasiswa. (Ilustrasi: dok. Okezone)

DEPOK - Model perbankan syariah menambah marak transaksi dunia perbankan konvensional. Proporsi perbankan syariah kurun 10 tahun mendatang bisa mencapai porsi 20-30 persen dari perbankan nasional.

Ketua Prodi Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI, Hendro Wibowo, menyatakan perkembangan pesat perbankan syariah di Indonesia bukan lagi sekadar menjalankan kewajiban syariah namun juga sudah menjadi kebutuhan. Dia mengklaim, perbankan syariah mulai dilirik oleh calon mahasiswa sebagai jurusan.

"Perbankan syariah tidak hanya sekadar tentang bagi hasil melainkan di dalamnya terdapat akad akad seperti akad titipan dan pembiayaan," ujar Hendro, dalam keterangan tertulis STEI SEBI kepada Okezone, Rabu (10/09/2014).

Di hadapan peserta kegiatan Propeka (semacam ospek -red) 2014 & Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah (Hamasah) Kampus STEI SEBI Bojongsari, Hendro menjelaskan, ada beberapa hal yang akan dilakukan untuk memanfaatkan momentum tumbuh pesatnya industri keuangan syariah di Indonesia sekaligus targetĀ  menjadi pusat keuangan syariah (Islamic Financial Club). Misalnya, membangun kapasitas (capacity building) industri keuangan syariah serta mendorong inovasi produk-produk keuangan syariah untuk memperdalam pasar dan meningkatkan akses masyarakat ke lembaga keuangan syariah.

Sementara itu Sekretaris Korporasi Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), Syamsu Adi Nugroho, mengemukakan, perbankan syariah perlu dibekingi oleh LPS yang bertugas menjamin simpanan nasabah bank. Mereka juga tetap aktif dalam menjaga stabilitas keuangan misalnya dalam penyelamatan bank. Skema penyelamatan bank ini mengambil sumber dana bukan dari APBN, melainkan premi dari perbankan.

"Bagi bank syariah, sementara ini, penjaminan produk ada sedikit perbedaan dengan bank konvensional, yaitu tidak berlakunya ketentuan suku bunga LPS. Selanjutnya, pelaksanaan tugas dan fungsi LPS tersebut diharapkan dapat menjaga ketenangan nasabah bank syariah dan otomatis memudahkan operasional bank syariah," kata Syamsu.

(rfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini