Share

Mercy Menteri Salah Satu "Ranjau" untuk Jokowi

Tri Kurniawan, Okezone · Kamis 11 September 2014 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 11 339 1037302 jmTnUutHb5.jpg Jokowi dan Megawati

JAKARTA - Pemerintah sudah membatalkan lelang mobil Mercedes Benz untuk menteri di bawah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Namun demikian, komentar terkait rencana itu belum juga berhenti.

Pengamat politik AS Hikam menduga, mobil Mercy untuk menteri kabinet 2014-2019 merupakan jebakan batman dari pemerintahan SBY untuk Presiden terpilih Jokowi.

"Tujuannya membikin Jokowi ribet," kata AS Hikam kepada Okezone, Rabu (10/9/2014) malam.

Dia mengatakan, selama ini Jokowi tercitrakan sebagai pemimpin sederhana. Mobil Mercy menteri bisa memutarbalikkan citra tersebut.

"Yang punya rencana itu yang harus tanggung jawab, karena itu kan bukan maunya Jokowi," terangnya.

Menurut Hikam, selain mobil mewah menteri, masih banyak ranjau-ranjau untuk menjerat pemerintahan Jokowi. Seperti RUU Pilkada, UU MD3 dan APBN 2015.

"Banyak sekali ranjau agar dia (Jokowi) kesulitan. Jokowi tidak akan emosi menghadapi ini. Tapi saya tidak tahu kalau orang-orang yang di samping dia," ungkap Hikam.

Seharusnya, pemerintahan SBY sesuai janjinya tidak menyulitkan Jokowi, tapi membantu Jokowi menuju pemerintahan mendatang. (Klik: Menteri Jokowi Batal Naik Mercy!)

"Tapi, pembantu SBY yang kadang-kadang tidak sesuai dengan keinginan SBY. Mungkin orang yang menasehati atau mendukung SBY," pungkasnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini