Share

Fasilitas Takkan Jadi Polemik Jika Kinerja Menteri Baik

Tri Kurniawan, Okezone · Kamis 11 September 2014 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 11 339 1037316 c9AwEm1jX0.jpg Istana Negara

JAKARTA - Mantan Juru Bicara Presiden, Adhie Massardi, mengatakan fasilitas mobil Mercedes Benz untuk menteri tidak akan jadi masalah jika memang kinerjanya bagus. Sayangnya, terkadang kinerja tidak sebanding dengan fasilitas yang didapat.

"Sebenarnya kalau dengan Mercy tapi manfaat buat rakyat besar, rakyat tidak akan masalah. Ini kan jadi mewah ketika hasilnya tidak ada," kata dia kepada Okezone, Rabu (10/9/2014) malam.

Sebenarnya, menurut dia, tidak ada hubungan antara fasilitas dengan kinerja seseorang. "Orang dapat fasilitas mewah tapi kinerja juga tidak ada. Ada juga orang yang tidak punya fasilitas apa-apa tapi juga tidak ada kinerjanya," ungkapnya.

Namun, lanjut Adhie, dalam kondisi perekonomian masyarakat seperti ini sense of crisis itu penting untuk diperhatikan. Terkadang, simbol-simbol kemewahan yang diterima pejabat bisa mengganggu publik.

"Apalagi kinerjanya tidak ada, pemborosan jadi berlipat," terangnya.

Adhie memberikan contoh pembelian pesawat kepresidenan RI. Presiden di negara yang lebih miskin dari Indonesia, kata dia, ada yang menggunakan pesawat kepresiden bagus. Tapi sekali lagi, yang jadi masalah apakah fasilitas mewah tersebut bisa bermanfaat untuk rakyat.

"Kan orang melihat ini jadi mewah ketika Presiden juga enggak ngapain-ngapain, kenapa pakai pesawat mewah?" cetus dia.

Adhie yakin, jika publik merasakan hasil kerja menteri, tidak akan mempermasalahkan fasilitas yang mereka dapat. "Yang paling penting ini kepekaan sosial pemerintah terhadap penderitaan rakyat. Kalau Mercy akan dibayar dengan kinerja ya tidak masalah," pungkasnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini