Share

Tolak Mercy, Jokowi Akan Lirik Mobil Esemka?

Bramantyo, Okezone · Kamis 11 September 2014 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 11 339 1037440 fSO0WXv4DI.jpg Joko Widodo saat menggunakan mobil dinas Wali Kota Solo (Foto: Bramantyo/okezone)

SOLO - Lama tak terdengar kabarnya, nama Esemka kembali muncul ke permukaan setelah Presiden terpilih Joko Widodo menolak para Menterinya nanti menggunakan Mercedez Benz sebagai kendaraan dinasnya.

Bagai gayung bersambut, produk buatan anak-anak SMK yang pernah dijadikan kendaraan dinas Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, diwacanakan menjadi kendaraan dinas para Menteri.

Atas hal tersebut, Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP) Gampang Sarwono menyatakan kesiapannya. Gampang optimis, bila mobil Esemka ini akan dilirik Jokowi untuk menjadi kendaraan dinas para Menterinya.

Gampang mencontohkan Malaysia dan India. Di kedua negara itu, begitu bangga menggunakan produk buatan dalam negerinya sendiri.

"Di Malaysia, seluruh Menteri menggunakan Proton sebagai kendaraan dinasnya. Begitu pula di India, produk buatan dalam negerinya juga digunakan. Bahkan Presiden India sendiri menggunakan mobil buatan dalam negerinya,"jelas Gampang saat ditemui okezone,di Solo Techno Park,Kamis (11/9/2014).

Dia menilai, tak ada alasan untuk malu menggunakan produk dalam negeri, termasuk menjadikan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas para Menteri.

"Kenapa harus malu. Esemka Inikan milik kita, harusnya kita bangga dong. Kalau bicara layak atau tidak, itu tergantung dari mana orang menilai dan menggunakan standar apa. Kalau bicara layak atau tidak, Proton yang digunakan pejabat Malaysia itu jauh dari kelayakan dibandingkan produk Jerman atau Jepang," paparnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini