Share

Menteri Bergaya Hidup Mewah, Gimana Bisa Dekat dengan Rakyat?

ant, · Jum'at 12 September 2014 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 12 339 1038069 dN4bjOdJzD.jpg mobil mewah pejabat pemerintah (Foto: Antara)

JAKARTA - Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia (UI) Lisman Manurung memberikan saran kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) agar para menterinya yang duduk dalam kabinet tidak bergaya hidup mewah.

"Harus lihat juga rekam jejaknya apakah calon menterinya itu mempunyai gaya hidup mewah selama ini atau tidak," kata Lisman di Depok, Jumat (12/9/2014).

Ia mengatakan, para menteri itu nantinya harus dekat dengan rakyat sehingga bisa mengetahui secara jelas apa permasalahan mereka dan bagaimana solusinya dalam menghadapi persoalan.

"Kalau menteri punya gaya hidup mewah bagaimana bisa dekat dengan rakyat," katanya.

Dikatakannya rekam jejak yang perlu diperhatikan lainnya adalah masalah korupsi atau tersangkut masalah hukum lainnya agar tidak tersandera dengan kasus-kasus sebelumnya, sehingga ia dapat bekerja dengan benar untuk kepentingan rakyat.

Menurut dia, dalam penunjukan menteri jangan hanya dimonopoli dengan partai politik tetapi juga diperhatikan unsur-unsur lainnya seperti para relawan, karena kemenangan Jokowi-JK bukan bukan hanya karena parpol semata tetapi juga kerja keras para relawan.

Sementara itu Sosiolog UI, Thamrin Amal Tamagola mengatakan, menteri yang duduk dalam pemerintahan Jokowi-JK diharapkan bukan pejabat teras parpol. "Kita harus belajar dari kasus Anas Urbaningrum dan Jero Wacik," ujarnya.

Selain itu katanya menteri juga harus tidak mempunyai rekam jejak bermain politik uang dan bermasalah dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). "Ini penting karena kasus yang terjadi pada masa lalu calon menteri akan mempunyai dampak yang tidak bagus," katanya.

Menurutnya, sebagai pasangan presiden dan wakil presiden yang dipilih rakyat, Jokowi-JK berhak memilih orang-orang yang duduk di kabinet sesuai dengan visi dan misi mereka.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini