Belajar dari Musibah Banjir, Pakistan Ubah Aliran Sungai

Fajar Nugraha, Okezone · Sabtu 13 September 2014 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 13 413 1038621 zurLzX0Sfr.jpg Banjir melanda Pakistan dan India (Foto: Reuters)

ISLAMABAD - Bencana banjir yang melanda Pakistan dan India telah menewaskan hingga hampir 500 jiwa. Untuk mengatasi jatuhnya korban lebih banyak, Pemerintah Pakistan mengubah aliran sungai.

Para ahli dari militern Pakistan membuat parit-parit besar untuk mengalihkan air meluap dari Sungai Chenab. Hebatnya, upaya ini dilakukan hanya dalam waktu semalaman.

Aliran Sungai Chenab terus mengancam Kota Multan. Hujan yang melanda wilayah Pakistan dan Kashmir masih terus berlangsung dan menyebabkan volume air di Sungai Chenab meningkat.

Pengubahan aliran sungai ini terpaksa dilakukan agar tidak terjadi jatuh korban lagi. Kota Multan sendiri merupakan salah satu kota yang harus dilindungi karena terkenal dengan tokoh sufi.

Hingga saat ini, militer Pakistan terus melakukan evakuasi terhadap warga. Mereka juga mendistribusikan makanan kepada warga yang mengungsi melalui jalur udara.

Dilaporkan 274 warga dilaporkan tewas akibat banjir yang melanda Pakistan dan wilayah Kashmir yang dikendalikan Negara Tetangga India itu. Sementara sekira 200 korban tewas dilaporkan berada di wilayah Kashmir yang dikuasai India.

Otoritas kedua negara masih memperingatkan warga untuk waspada. Pasalnya, banjir susulan diprediksi masih akan terjadi pada beberapa hari ke depan.

Selain menyebabkan ratusan korban jiwa, bencana ini memaksa setengah juta orang mengungsi akibat rumahnya terendam banjir.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini