nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow, 1 Kg Sampah Plastik Bisa Hasilkan 1 Liter BBM

Rohmat, Okezone · Minggu 14 September 2014 22:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 14 340 1038907 RlZ24HsoX5.jpg Sampah, ilustrasi

BADUNG - Sampah biasanya tidak berguna namun teknologi sederhana sampah plastik kini bisa diolah menjadi bahan bakar minyak sehingga bisa lebih bernilai.

Gonjang-ganjing rencana pemerintah menaikkan harga BBM tidak terlalu dipusingkan oleh Ida Bagus Ketut Atmaja, pengepul sampah plastik di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Pasalnya, dia memilik ide kreatif dengan mengolah sampah plastik menjadi BBM. Berkat ide kreatifnya, 1 kilogram sampah plastik bisa menghasilkan 1 liter BBM.

Ide itu muncul dari keprihatinan setelah melihat banyaknya tumpukan sampah di sekitar tempat tinggalnya. Setelah membaca literatur dan melakukan eksperimen, Ketut Atmaja akhirnya menemukan teknologi sederhana.

"Kalau sampah dibakar akan percuma, kenapa tidak disuling saja biar berguna," cetusnya ditemui wartawan Minggu (14/9/2014).

Ini berdasarkan referensi ketika dia membaca artikel, termasuk keberhasilan Korea Selatan dalam mengubah sampah plastik menjadi BBM solar. Diapun bertekat bisa menciptakan sesuatu untuk mengubah sampah plastik agar bernilai lebih.

Dari eksperimennya, dia menciptakan mesin yang dirakitnya sendiri. Dibuatlah alat pembakaran dan penyulingan (reaktor firolisis).

Hasil rakitannya itu, dia bisa mengubah plastik berbagai jenis menjadi bahan bakar minyak. Hanya saja, baru sampah plastik dari tas kresek dan botol air kemasan diprioritaskan untuk proses daur ulangnya.

Dengan alat sederhana berupa tiga tabung disambungkan ke selang besi kemudian diproses. Setelah semua plastik dipilih atau dipisahkan, sampah dimasukkan ke dalam tabung dan dibakar dengan gas elpiji layaknya memasak sehari-hari.

"Saat pembakaran, akan mengeluarkan cairan bahan bakar kemudian ditampung dalam wadah botol," tutur dia.

Untuk proses ini tidak butuh waktu terlalu lama, hanya sekira setengah jam. Setelah proses itu selesai, maka didapatkan satu kilogram plastik menghasilkan satu liter cairan bahan bakar.

Hasil sulingan itu belum menghasilkan jenis bahan bakar tertentu karena masih dicampur ada bensin. Dengan bahan cairan hasil olahan itu, sudah bisa menghasilkan cairan untuk membakar apa saja bahkan bisa dipakai untuk BBM sepeda motor.

Masih ada juga campuran solar atau minyak tanah. Ke depan dia akan mencoba bereksperimen lagi untuk menghasilkan energi yang lebih sempurna.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini