Image

Harga Sapi Kurban Mulai Merangkak Naik

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 14 September 2014 09:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 09 14 523 1038812 yMjkQ4AM7y.jpg Sapi kurban (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

BANGKALAN- Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sapi kurban mulai mengalami kenaikan di sejumlah pasar hewan yang ada di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kenaikannya bervariatif mulai dari Rp500 ribu sampai Rp1 juta per ekor.

 

Untuk sapi korban jantan berukuran besar sebelumnya dipatok dengan harga Rp14 juta per ekor. Sekarang harganya naik menjadi Rp15 juta per ekor. Sedangkan untuk harga sapi jantan berukuran sedang dipatok Rp12,5 juta. Padahal, harga sebelumnya Rp11,5 juta per ekor.

 

Tingginya harga sapi terjadi lantaran permintaan dari masyarakat mulai naik. Mereka membeli sapi untuk kebutuhan kurban nanti. Sebab, bila membeli sapi mendekati lebaran Idul Adha, diperkirakan harga sapi akan semakin tinggi.

 

"Saya memang sengaja menjual sapi sekarang, karena kalau dijual pekan lalu harga sapi masih murah. Sedangkan saat ini harga sapi mulai mengalami kenaikan," terang salah seorang penjual sapi, M Ismail, saat ditemui di Pasar Baru Langkap, Burneh, Minggu (14/9/2014).  

 

Menurut Ismail, bila sapinya dijual pekan kemarin hanya Rp11 juta. Tapi, karena dijual hari ini harga sapinya dipatok Rp12,5 juta. Bahkan, tadi ada yang menawar Rp12 juta, namun belum dijual karena masih belum ada kesepakatan harga.

 

"Sekarang harga sapi naik, rata-rata naiknya mulai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta perekor. Moment ini yang saya tunggu-tunggu selama setahun. Jika tidak menjelang lebaran kurban, harga sapi tidak akan naik, malahan cenderung turun," paparnya.

 

Sedangkan untuk harga sapi kurban yang betina lebih murah dibandingkan dengan jantan. Bahkan, selisihnya sampai menyentuh angka Rp2 juta per ekor.

 

Sementara itu, Kepala Pasar Baru Langkap, Haris, menyatakan, saat ini harga sapi memang mengalami kenaikan. Sebab, masyarakat yang ingin membeli sapi meningkat lantaran ingin dijadikan kurban. Jumlah sapi yang dijual di pasar, juga mengalami peningkatan.

 

"Bila hari biasa jumlah sapi yang dijual di pasar sekira 200 ekor. Sedangkan pada hari ini jumlah sapi mencapai sekira 300 ekor yang dijual di sini," terang Haris.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini