nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lokon Meletus, Pemprov Sulut Bagikan 7.000 Masker

ant, Jurnalis · Senin 15 September 2014 11:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 15 340 1039131

MANADO - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengklaim sudah membagikan 7.000 masker secara gratis kepada masyarakat di area yang terkena lontaran debu vulkanik Gunung Lokon. Gunung tersebut meletus pada Sabtu 13 September pukul 03.00 Wita.

Kabag Humas Setda Provinsi Sulut, Jemmy Kumendong, mengatakan, masker gratis dibagikan kepada masyarakat di Desa Sea, Perumahan Cehate dan Perumahan Wen-Win, Kabupaten Minahasa, dan sebagian di Kota Tomohon.

"Bantuan masker untuk mengantisipasi dampak dari debu vulkanik yang bisa menimbulkan penyakit ISPA bagi masyarakat," kata Jemmy Kumendong di Manado, Senin (15/9/2014).

Dia menambahkan, Gubernur Sulut Sarundajang juga mengimbau warga yang berada di sekitar Gunung Lokon untuk tetap waspada terhadap kemungkinan letusan susulan. Warga dilarang beraktivitas di sekitar gunung, begitu juga para pencinta alam.

"Status Gunung Lokon hingga kini masih berada di level III," pungkasnya.

Seperti diberitakan, Gunung Lokon erupsi dengan memuntahkan debu vulkanik setinggi 500 meter dari Kawah Tompaluan. Muntahan debu vulkanik terjadi hingga tiga kali hingga sore harinya. Erupsi kali ini tidak sampai menyebabkan warga mengungsi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini