Share

Kulit Cantik dengan Scrub Ampas Kopi dari UNY

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 19 September 2014 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 372 1041090 deqIoAc7Ju.jpg Foto : Kulit Cantik dengan Scrub Ampas Kopi dari UNY/UNY

JAKARTA - Tingkat konsumsi teh dan kopi masyarakat Indonesia terbilang cukup tinggi. Namun, pemanfaatan terhadap ampas keduanya masih sangat rendah. Padahal, ampas teh dan kopi memiliki khasiat yang baik bagi kecantikan kulit.

Efek anti-inflamasi yang terkandung dalam kafein mencegah peradangan pada kulit, mengobati kulit kemerahan, mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, mengurangi selulit. Bahkan ampas kopi juga menghasilkan minyak antioksidan yang bersifat menghaluskan kulit.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Melihat hal tersebut, mahasiswa Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Fasih Radiana tergerak memanfaatkan ampas teh dan kopi. Dia menciptakan kosmetik alternatif herbal berupa scrub yang terbuat dari ampas kopi dan teh yang banyak bermanfaat untuk kulit.

"Scrub itu dapat mengangkat sel kulit mati, memperlancar peredaran darah sehingga membuat kulit wajah lebih kenyal. Berdasarkan journal of food and drug analysis, konsentrasi ampas kopi kurang dari lima persen lebih cocok dan aman untuk mengobati jerawat, sehingga kadar kafein dalam ampas kopi dan teh masih aman untuk kecantikan dan kesehatan kulit," tutur Fasih, seperti dilansir dari situs UNY, Jumat (19/9/2014).

Mahasiswa berprestasi tingkat UNY 2014 untuk katagori D-3 itu menjelaskan, pembuatan scrub tradisional ampas kopi dan ampas teh diawali dengan proses pengeringan ampas teh dan kopi dengan suhu 105 sampai 110 ̦C selama lima jam. Kemudian ampas tersebut ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan perbandingan kopi dan teh 1:1.

“Tekstur ampas kopi yang berupa butiran-butiran kasar seperti scrub yang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Kemudian untuk meningkatkan kerja dari scrub ampas kopi, dapat ditambahkan ampas teh karena selain ampas teh mengandung kafein sebesar 2,25 persen, teh juga memiliki polifenol yang berkhasiat untuk mencegah timbulnya jerawat, merilekskan mata, menghaluskan kulit, dan mencerahkan wajah,” jelasnya.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini