Pelaku Bullying SMAN 70 Pindah Sekolah

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 18 September 2014 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 373 1041102 M2nKTo0mhn.jpg Pelaku {Bullying} SMAN 70 Pindah Sekolah (Foto: dok. okezone)

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Lasro Marbun mengatakan, ke-13 siswa SMA Negeri 70 Jakarta yang telah dikeluarkan dari sekolahnya akibat kasus bullying, akan mendapatkan sekolah pengganti.

"Ke-13 orang siswa ini sedang dalam proses pemindahan. Untuk delapan orang telah mengurus surat pindah, dua orang masih dalam proses dan tiga orang masih bersikeras tidak bersalah," ujar Lasro, saat dihubungi Okezone, Kamis (18/9/2014).

Baca: Dikeluarkannya 13 Siswa SMAN 70 sebagai Pelajaran

Lasro melanjutkan, instansi pendidikan harus lembaga yang mengayomi, mendidik karakter, berbudaya dan bebas dari tindak kekerasan.

"Kalau yang tiga orang kami selidiki saja, kalau memang terbukti harus diberi sanksi keras dan sama seperti yang lain. Fungsi pendidikan harus ditegakkan," ucapnya.

Selain itu, menurut Lasro, peristiwa yang menimpa 15 orang siswa ini masih mungkin menimpa lebih banyak siswa. Namun, memang belum ada kepastian berapa banyak korban selain 15 orang tersebut. Oleh sebab itu, jika mereka tidak diberikan pelajaran maka hal ini bisa jadi terulang kembali.

"Sekarang bayangkan saja kalau kita diam, akan lebih parah ini terjadi. Memang dari awal ada kontrak bahwa sekolah melarang budaya bullying, tapi kami tetap fasilitasi mereka pindah sekolah di sekolah negeri," ungkapnya.

Baca: Kronologi Kasus Bullying SMAN 70

(fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini