nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivitas Gunung Lokon Menurun tapi Masih Siaga

Oris Riswan, Jurnalis · Sabtu 20 September 2014 04:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 20 340 1041824

BANDUNG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) belum mencabut status Siaga dari Gunung Lokon. Meski secara umum aktivitas vulkanik di lokasi terus mengalami penurunan.  

 

"Sejak letusan (terakhir) aktivitasnya terus menurun, tapi tremornya masih ada, jadi aktivitasnya belum normal," kata Kepala PVMBG, Hendrasto, kepada Okezone di Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/9/2014).

 

Meski aktivitasnya menurun, belum tentu hal itu berlangsung lama. Tapi belum dipastikan juga aktivitasnya akan meningkat dalam waktu dekat karena Gunung Lokon masih sensitif.

 

"Lokon ini sekarang sangat sensitif terhadap gempa-gempa tektonik, jadi levelnya masih siaga sampai sekarang," ungkapnya.

 

Hendrasto mengatakan, radius steril tetap dipertahankan sejauh 2,5 kilometer dari puncak kawah. Selain mengimbau masyarakat untuk tidak mendekat ke lokasi, ia juga mengingatkan para pendaki.

 

"Pendaki-pendaki dimohon tidak menuju Gunung Lokon dulu," imbaunya.

 

Dia berharap aktivitas vulkanik Gunung Lokon terus menurun agar statusnya bisa segera diturunkan. "Tren Gunung Lokon ini terus menurun. Mudah-mudahan saja menurun terus. Kita ikuti (pantau) saja," pungkas Hendrasto.

 

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini