Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Pewawancara (2-Habis)

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Senin 22 September 2014 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 370 1042597 5R9dGCdFFh.jpg Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Pewawancara (Foto: dok. okezone)

JAKARTA - Ketika kalian sedang melakukan interview kerja, kalian jangan hanya diam saja mengandalkan pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara.

Kalian harus aktif, artinya harus memberikan pertanyaan ke pewawancara. Agar kalian akan dinilai sebagai karyawan yang berniat untuk bergabung di perusahaan yang dilamar. Tidak hanya itu, dengan mengajukan beberapa pertanyaan, kalian juga akan mendapatkan nilai plus di antara kandidat lainnya yang tidak bertanya sama sekali.

Ini menunjukkan bahwa kalian akan mendapatkan posisi yang diinginkannya. Berikut contoh pertanyaan yang ditanyakan kepada pewawancara, seperti dilansir laman CareerBuilder, Senin (22/9/2014).

6. Apakah ada training untuk internal karyawan? Dan bagaimana tanggapan karyawan jika diadakan training?

Hal ini menunjukkan kesediaan kalian untuk menambah keterampilan baru dan beradaptasi dengan hal baru. Adapatasi sangat penting di tengah perubahan jaman sekarang ini.

7. Kenapa anda memilih perusahaan ini?

Jawaban dari pertanyaan ini merupakan sumber informasi yang banyak untuk diri kalian. Karena pewawancara dapat membantu kalian untuk menguatkan hati jika diterima.

8. Bagaimana keberhasilan seseorang diukur di perusahaan ini?

Bertanya dengan pertanyaan ini membuat kalian mempunyai pemikiran seperti bos, kalian juga akan terlihat sebagai seseorang yang bekerja semaksimal mungkin untuk menuju keberhasilan.

9. Mengapa karyawan terakhir meninggalkan posisi ini?

Cara terbaik untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan ini bisa dicari dari alasan karyawan pindah atau mengundurkan diri dari posisi tersebut. Semoga informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan kalian lagi untuk menerima pekerjaan itu.

10. Bolehkah saya menghubungi anda jika saya ada pertanyaan nanti?

Sebuah pertanyaan penutup yang bagus ketika akan mengakhiri interview, kalian akan selalu bisa bertanya diluar waktu interview ketika ingin bertanya seputar kantor yang dilamar.

Wawancara merupakan suatu percakapan yang dibutuhkan untuk mengetahui satu sama lain untuk memutuskan kandidat mana yang terbaik untuk posisi dalam suatu perusahaan. Wawancara bukan hanya membicarakan tentang prestasi, tetapi bagaimana suatu chemistry tersebut terbentuk antara pelamar dengan pewawancara. Dan ingat, pertanyaan ini adalah saran yang digunakan jika kalian memerlukannya dalam wawancara. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini