Tujuh Dosa Besar Karyawan Baru

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Kamis 25 September 2014 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 25 370 1044139 reF1RZ28QT.jpg Hindari tujuh kesalahan karyawan baru saat hari pertama kerja. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Hari pertama sebagai karyawan baru tidak akan mudah. Tentu saja, karena itu Anda pun memastikan semua berjalan lancar agar dapat meninggalkan kesan baik di mata rekan kerja dan atasan Anda.

Meski demikian, ada tujuh kesalahan yang biasanya dilakukan para karyawan baru dan meninggalkan kesan negatif bagi mereka.

1. Terlambat

Berusahalah datang lebih awal. Kemudian, persiapkan diri Anda dengan membuat daftar pertanyaan tentang tugas Anda. Pastikan Anda memiliki nomor kontak atasan Anda. Jika menghadapi masalah ketika menuju kantor, telepon mereka sebelum jam kerja dimulai, jangan mengirim pesan singkat.

2. Tidak antusias dan tidak bertanya

Sangat penting bagi karyawan baru untuk menunjukkan antusiasme di hari pertama kerja. Selain itu, responsiflah selama briefing. Caranya, ajukan pertanyaan tentang tugas dan proyek Anda. Demikian dinukil dari Font Talent, Kamis (25/9/2014).

3. Mengandalkan ingatan

Jangan memaksakan diri mengingat semua informasi, instruksi dan tugas Anda hanya dengan mengandalkan otak. Catat di buku.

4. Tidak ramah

Hari pertama adalah tentang mengenal rekan kerja, lingkungan kantor, serta tugas dan tanggung jawab Anda. Ada baiknya Anda juga belajar mengenai hal tersebut dari rekan kerja Anda melalui obrolan yang bersahabat. Cara ini juga membuat Anda mengenal rekan kerja secara personal, tidak selalu profesional.

5. Berpenampilan buruk

Cari tahu, aturan berpakaian di kantor Anda agar tidak salah kostum.

6. Terikat dengan ponsel

Terus menerus mengecek pesan yang masuk ke ponsel ketika Anda sedang bekerja dengan orang lain tidaklah sopan dan menunjukkan sikap tidak hormat.

7. Berkata "tidak"

Jangan pernah berkata "tidak". Setidaknya di hari pertama Anda bekerja.

Lakukan semua pekerjaan yang diberikan atasan, meskipun sebenarnya itu membosankan dan tidak menantang untuk Anda. Ingat saja, semua tugas tersebut akan membuat Anda belajar tentang proses kerja di kantor. Keuntungan lainnya, Anda bisa  sekaligus mengenali kekuatan dan kelemahan Anda sambil menentukan cara terbaik dalam berkontribusi bagi perusahaan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini