Kakek di China Buat 10 Ribu Pesawat Kertas

Andyta Fajarini, Okezone · Sabtu 27 September 2014 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 26 214 1044948 DCc2HP9fSU.jpg Kakek di China Buat 10 Ribu Pesawat Kertas (Foto:Reuters)
CHENGDU - Xu Shuquan, seorang pensiunan guru sekolah dasar dari kota Chengdu di Provinsi Sichuan, China, mendedikasikan dirinya selama 60 tahun terakhir untuk melipat pesawat kertas. Pria 70 tahun ini telah membuat sebanyak 10.000 pesawat  dari berbagai ukuran, warna dan bentuk.

Shuquan menggunakan teknik kuno origami yang disebut Zhezhi untuk membuat berbagai model pesawat jet, bahkan dia juga melipat kertas saat masih mengajar.

“Ketika anak-anak tidak memperhatikan pelajaran. Saya akan melipat kertas dan menulis pesan di atasnya kemudian menerbangkannya ke mereka,” kata Shuquan, seperti dikutip dari Oddity Central, Sabtu (27/9/2014).

Menurut Shuquan, Zhezhi adalah seni melipat kertas yang sangat kuno di China. Seni melipat ini biasa digunakan untuk membuat patung-patung, perahu, gerobak, dan juga makanan palsu yang dibakar di acara pemakaman.

“Seni origami Zhezhi ini telah dikalahkan oleh seni melipat kertas yang modern dan saya akan sangat senang untuk menjadi orang yang bisa menghidupkan kembali Zhezhi,” ujar Shuquan.

“Harapan terbesar saya adalah mengadakan sebuah pameran, di mana orang dapat mempelajari lebih lanjut tentang seni tradisional ini,” pungkasnya.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini