Tips Tentukan Karier untuk Fresh Graduate

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 27 September 2014 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 26 370 1044827 dMt0wwcDKt.jpg Anda sebaiknya memiliki gambaran jelas tentang karier yang ingin dijalani. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sebuah pekerjaan dapat menjadi jalan menuju karier. Karena itu, selain bekal ijazah dari kampus, seseorang sebaiknya memiliki gambaran jelas tentang karier yang ingin mereka jalani.

Konsultan human resource (HR) dan rekrutmen kerja Sundeep Kataria, dalam website-nya, Sabtu (27/9/2014) menjelaskan, para fresh graduate bisa jadi kebingungan karena begitu banyaknya tipe pekerjaan di berbagai industri yang bisa dilamar. 

"Misalnya, jika Anda lulusan manajemen bisnis, Anda harus memutuskan industri apa yang ingin Anda masuki. Kemudian, pikirkan bidang yang paling Anda minati, apakah penjualan atau pemasaran atau sektor yang mendukungnya," ujar Sundeep.

Dia pun memiliki daftar pertimbangan untuk menentukan tipe karier.  Pertama, tentukan ukuran perusahaan yang ingin Anda masuki. Pilihannya, organisasi kecil atau organisasi besar.

"Siapa tahu, Anda justru tertarik pada usaha yang baru dirintis," imbuhnya. 

Kedua, kata Sundeep, tanya pada diri sendiri, "Apakah saya ingin tinggal di kota atau negara tertentu, atau saya tidak memiliki masalah dengan relokasi?"

Pertimbangan ketiga, lokasi pekerjaan, termasuk kemungkinan perjalanan. Pekerjaan penjualan atau riset pasar biasanya membutuhkan perjalanan kerja ke berbagai daerah.

"Ini berarti Anda harus meninggalkan rumah dan kantor selama beberapa waktu. Jika Anda tidak suka bepergian, maka jangan mencari pekerjaan di bidang yang mengharuskan hal itu," ujar Sundeep.

Selanjutnya, pertimbangkan kepribadian Anda, pemalu atau orang yang terbuka. Sundeep memberi contoh, jika Anda orang yang tertutup, maka pekerjaan di belakang meja seperti perencanaan, analisa, desain dan copy writing cocok untuk Anda.

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah apakah Anda mencari pekerjaan yang mengharuskan Anda menjalani jam kerja panjang, atau Anda menginginkan hidup yang mudah?  Menurut Sundeep, organisasi yang agresif dan berkembang cepat tidak akan menawarkan jam kerja reguler bagi Anda, yakni dari pukul sembilan pagi hingga lima petang.

"Dengan mengetahui daftar prioritas dan pertimbangan ini, maka Anda akan mudah menentukan tujuan karier," tutur Sundeep. 

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini