nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malaysia Tahan Warga yang Ingin Gabung ISIS

Fajar Nugraha, Jurnalis · Sabtu 27 September 2014 15:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 27 411 1045210 JbT304oXxm.jpg Ilustrasi: Okezone

PETALING JAYA - Pihak berwenang Malaysia meringkus tiga warganya yang bermaksud untuk bertempur bersama kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Ketiga orang itu ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Mereka direkrut untuk menjadi anggota ISIS melalui proses menggunakan Facebook.

Seorang di antara warga yang ditangkap diketahui berprofesi sebagai arsitek, sementara dua orang lainnya bekerja sebagai teknisi dan penjaga toko. Mereka bermaksud untuk menjadi martir dengan bergabung bersama ISIS.

"Polisi sudah mengidentifikasi perekrutnya. Tersangka yang ditangkap ini dianggap masih 'hijau' tetapi bersedia untuk bergabung dengan ISIS," ujar sumber yang dekat pihak Kepolisian Malaysia, seperti dikutip The Star, Sabtu (27/9/2014).

Tetapi polisi yakin bahwa para tersangka melakukan kontak dengan warga Malaysia yang sudah berada di Suriah. Mereka diyakini bertemu di Klang bersama dengan perekrutnya beberapa kali, guna mengatur perjalanan ke Suriah.

"Pihak kepolisian masih menyelidiki apakah tersangka itu memiliki rencana untuk melakukan penyerangan di Malaysia. Tetapi sejauh ini belum ada indikasi ke arah itu," lanjut sumber tersebut.

Selain menangkap ketiga tersangka, polisi juga menyita bendera ISIS dan beberapa komputer milik mereka. Sementara pihak keluarga mengaku tidak mengetahui aktivitas dari ketiga tersangka ini.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini