nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malaysia Akan Minta PBB Kirim Pasukan ke Ukraina

Fajar Nugraha, Jurnalis · Sabtu 27 September 2014 17:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 27 411 1045266 i2Mhd3Nzfs.jpg Puing Malaysai Airlines MH17 (Foto: CNN)

KUALA LUMPUR - Menyusul penyelidikan dari jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina yang belum tuntas, Pemerintah Malaysia akan meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirim pasukannya ke Ukraina.

Pengiriman pasukan ini dilakukan agar tim penyelidik bisa aman masuk ke lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 tersebut. Seperti diketahui, lokasi jatuhnya pesawat sempat dipenuhi pertempuran antara pasukan Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia.

"PBB seharusnya bisa memenuhi janjinya agar tim (penyelidik) bisa masuk ke lokasi jatuhnya pesawat dengan aman, termasuk tim dari Malaysia," ujar Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai, seperti dikutip The New Straits Times, Sabtu (27/9/2014).

"Waktunya PBB mengambil tindakan, karena pemerintah kami dan perdana menteri (Najib Razak) sudah melakukan bagiannya," imbuhnya.

Menurut Liow, hingga saat ini tim penyelidik jatuhnya MH17 masih belum bisa masuk ke lokasi jatuhnya pesawat, akibat pertempuran yang masih kerap terjadi.

Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines jatuh di Ukraina pada Juli 2014 lalu dan menewaskan 298 jiwa. Pesawat itu jatuh setelah ditembak oleh rudal, ketika melintasi wilayah udara Ukraina.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini