nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biksu Myanmar Ancam ISIS

Andreas Gerry Tuwo, Jurnalis · Senin 29 September 2014 13:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 29 411 1045778 Pqoh7CHncu.jpg Biksu Myanmar Ancam ISIS (Foto:AFP)

COLOMBO - Seorang biksu radikal asal Myanmar Ashin Wirathu menyatakan kesiapannya untuk melawan ancaman ISIS. Wirathu dikenal sebagai pemimpin garis keras Myanmar 969.

Pernyataannya tersebut disampaikan Wirathu di depan ribuan pendukungnya di Ibu Kota Sri Langka, Colombo. Di tempat itu Wirathu mengatakan akan mendukung kelompok Bodu Bala Sena (BBS).

Kelompok ini telah lebih dulu menyatakan siap melawan ISIS. Mereka beralasan ISIS adalah ancaman bagi umat Buddha radikal di Asia, sehingga kelompok ini berkewajiban memberikan perlindungan.

"Kelompok 969 akan bergabung dengan BBS (dalam membasmi ISIS)," sebut Wirathu seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (29/9/2014).

"Kaum kami akan menghadapi ancaman serius dari kelompok radikal ini," tambah dia.

Pernyataan dari Wirathu juga disetujui oleh Presiden SBS Kirima Wimalajothi. Dia menyebut Sri Langka adalah negara yang dibuat untuk umat Buddha sehingga ajaran ekstrem tidak diperkenankan untuk masuk.

Wirathu dikenal sebagai biksu garis keras yang dituding melakukan tindak kekerasan terhadap kaum Rohingya di Myanmar. Oleh sebab itu, kedatangannya di Sri Langka mendapat kecaman dari sejumlah kelompok.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini