Pencarian Korban Gunung Meletus Dilanjutkan

Fajar Nugraha, Okezone · Senin 29 September 2014 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 29 413 1045736 LDAxbNgjek.jpg Proses penyelamatan letusan Gunung Ontake (Foto: AP)

TOKYO - Militer dan regu penyelamat Jepang melanjutkan proses pencarian atas korban akibat meletusnya gunung berapa di Jepang.

Gunung Ontake meletus pada Sabtu 27 September 2014 lalu. Dilaporkan 31 orang tewas akibat letusan dari gunung berapi yang memiliki tinggi 3.067 meter tersebut. Demikian diberitakan Time, Senin (29/9/2014).

Empat mayat korban letusan gunung tampak diterbangkan dari lokasi kejadian pada Minggu 28 September 2014. Sementara televisi Jepang memperlihatkan video dimana regu penyelamat membawa kantung mayat berwarna kuning kelo lokasi yang aman.

Saat ini proses pencarian terhadap korban hilang kembali dilanjutkan. Sementara sebagian besar anggota keluarga korban yang hilang masih menunggu di sebuah sekolah dasar setempat.

Letusan Sabtu merupakan letusan paling fatal yang pernah terjadi di Gunung Ontake. Gunung itu merupakan lokasi pendakian terpopuler dan terletak sekira 210 kilometer kota Tokyo. Letusan serupa terjadi pada 1979, tetapi tidak ada korban tewas.

Dalam insiden terbaru kali ini, media Jepang melaporkan bahwa sebagian besar korban tewas ditemukan di sebuah pondok yang tidak jauh dari puncak. Sementara beberapa korban lainnya ditemukan terkubur dalam debu setebal 50 centimeter (Cm).

Gunung Ontake meletus menjelang sore, tepat di saat sekira 250 orang tengah menikmati keindahan alam. Letusan itu pun dipenuhi dengan semburan gas dan debu ke langit yang segera menyelimuti wilayah tersebut.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini