Image

Beasiswa Erasmus Mundus Bidang IT untuk Bisnis

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014, 08:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 30 368 1046411 Tvz7OxAHjN.jpg Erasmus Mundus mengundang pelajar internasional untuk mendaftar program beasiswa Information Technology for Business Intelligence (IT4BI). (Foto: Reuters)

JAKARTA - Erasmus Mundus mengundang pelajar internasional untuk mendaftar program beasiswa Information Technology for Business Intelligence (IT4BI). Beasiswa akan diberikan untuk jenjang magister atau S-2. 

Sebagai informasi, IT4BI berkembang sejak 20 tahun lalu. Bidang ini telah menjadi domain industri utama dan menjadi pendorong ekonomi. Ilmunya menekankan berbagai bidang saintifik dan teknologi termasuk data warehouse, data mining, analisa konten, manajemen bisnis dan analisa visual. Bidang ini juga membutuhkan kompetensi di bidang sistem informasi, ilmu jaringan, teknik perangkat lunak, serta inovasi dan entrepreneurship.

Program S-2 Erasmus Mundus dalam bidang IT4BI dirancang untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan dalam bidang yang luas ini. Tujuan program ini adalah melatih ilmuwan komputer yang memahami dan membantu pembuatan strategi para pengambil keputusan di perusahaan.

Beasiswa dapat diambil selama dua tahun di berbagai perguruan tinggi di Eropa. Kampus mitra Erasmus Mundus adalah Free University of Brussels (ULB) di Belgia, University of Tours (UFRT) di Prancis, Ecole Centrale Paris (ECP) di Prancis, Technical University of Catalonia (UPC) di Spanyol dan Technical University of Berlin (TUB) di Jerman.

Untuk melamar beasiswa ini, Anda tidak boleh melamar lebih dari tiga program Erasmus Mundus dan atau menerima beasiswa dari Erasmus Mundus. Sementara itu, untuk melamar bidang IT4BI, Anda harus memenuhi kriteria berikut:

- Meraih gelar sarjana dalam bidang ilmu komputer dari kampus terakreditasi;

- Membuktikan kemampuan berbahasa Inggris sesuai standar level B2 menurut Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Anda bisa melampirkan sertifikat IELTS (Academic) dengan nilai minimal 5.5, TOEFL (paper based) dengan skor minimal 570, TOEFL (computer based) dengan nilai minimal 230 atau TOEFL (internet based) dengan skor minimal 88;

Beasiswa akan diberikan kepada 20-25 pelamar yang memenuhi kriteria. Ada dua jenis beasiswa yang bisa diperebutkan. Beasiswa kategori A bersifat penuh dan akan mencakup semua biaya yang diperlukan bagi seorang mahasiswa selama masa studinya di Eropa. Besaran beasiswa kategori A adalah 24 ribu euro per tahun atau setara dengan Rp370,2 juta

(Rp15.426 per euro).

Sedangkan beasiswa kategori B merupakan bantuan biaya studi sebagian bagi penerimanya. Besaran beasiswa kategori B adalah 10 ribu euro (Rp154,2 juta). Mahasiswa yang menyelesaikan tesis di negara berkembang akan mendapatkan tambahan beasiswa 3.000 euro (Rp46,2 juta).

Beasiswa ini juga memberikan tunjangan biaya bulanan

serta biaya relokasi bagi penerimanya. 

 

Seleksi akan dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu:

- Latar belakang pendidikan sarjana; prioritas akan diberikan kepada sarjana dalam bidang ilmu komputer;

- Prestasi akademis; Academic results : This will be calculated

- Studi lainnya, termasuk kuliah tambahan dalam bidang lain;

- Pengalaman profesional;

- Proyek pribadi;

- Surat referensi;

- Peringkat kandidat dari total pelamar.

Pendaftaran dilakukan secara online sebelum 14 Desember 2014. Keputusan awal akan diambil ada Februari 2015. Sedangkan konfirmasi tentang beasiswa ini pada Mei 2015.

Simak laman IT4BI untuk informasi lengkap.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini