Kiat Sukses di Bursa Kerja

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Selasa 30 September 2014 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 370 1046164 HwOR1vYm02.jpg Sukses di bursa kerja bukan sekadar bisa menyerahkan CV ke perusahaan, tetapi juga membangun jaringan. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Banyak orang berpikir job fair atau bursa kerja sudah kuno. Tetapi, para pakar berpendapat, kegiatan ini tidak sia-sia.

Sebab, para pencari kerja masih menggunakan bursa kerja untuk menjalin relasi (networking), memberikan kesan positif dan belajar tentang perusahaan serta bagaimana rasanya bekerja dengan mereka. Selain itu, bertemu dan berinteraksi tatap muka dengan para perekrut karyawan juga masih bagian penting dalam proses mencari kerja. Para ahli juga berpendapat, bursa kerja menawarkan para job seeker kesempatan unik untuk membangun hubungan personal; sesuatu yang mustahil dilakukan jika melamar pekerjaan secara online.

Berikut ini tips agar Anda sukses mencari pekerjaan di job fair, seperti dilansir Business Insider, Selasa (30/9/2014).

Rencana

Buat rencana untuk seharian di bursa kerja. Cari tahu, perusahaan apa saja yang ingin Anda dekati, dan prioritaskan mereka. Beri tambahan waktu untuk kemungkinan menjajaki networking dengan perwakilan perusahaan lain yang menarik minat Anda. Selain itu, siapkan energi, antusiasme dan curriculum vitae (CV) dalam jumlah banyak serta soft copy-nya. Jangan lupa, siapkan juga minuman dan makanan ringan sebagai bekal.

Busana

Berpakaianlah seperti Anda akan menghadiri wawancara kerja. Pastikan penampilan Anda menonjol dibanding ribuan orang lainnya yang juga mendatangi bursa kerja.

Lamar kerja online

Anda bisa melamar pekerjaan secara online. Kemudian, temui perwakilan perusahaan di job fair untuk mendiskusikan lamaran tersebut.

Atau, jika Anda menunggu setelah bursa kerja untuk melamar secara online, gunakan pengetahuan yang Anda dapatkan dari pembicaraan dengan perwakilan perusahaan. Anda bisa menyebut isi pembicaraan tersebut sebagai referensi.

Networking

Ingatlah, bursa kerja adalah kesempatan bagi Anda untuk membuka jaringan profesional. Anda akan mendapatkan banyak kartu nama. Kemudian, jika tiba saatnya untuk melamar pekerjaan, Anda bisa membuka surat lamaran dengan menyebut koneksi dari kartu nama tersebut sebagai referensi.

Follow up

Setelah bertemu dengan perwakilan perusahaan dan mendapat kartu namanya, segera follow up pertemuan tersebut melalui email. Anda bisa berterima kasih atas waktu mereka melalui email ini.

Job fair sebenarnya menekankan pentingnya sentuhan personal. Karena itu, manfaatkan momen ini untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan dan mengenal mereka dengan lebih baik. Anda bisa juga bertanya kepada perusahaan, mendapat saran karier dan bertemu para pencari kerja lainnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini