Hindari Kesalahan Saat di Job Fair

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 01 Oktober 2014 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 370 1046168 UJWJbIvW55.jpg Datang ke bursa kerja tidak cukup bermodalkan pakaian rapi dan CV. Pastikan Anda tidak membuat kesalahan. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Kebanyakan perusahaan kini membuka rekrutmen secara online. Namun, bursa kerja juga masih diminati sebagai wadah pertemuan perusahaan dan para pencari kerja.

Bagi pencari kerja, job fair bisa dimanfaatkan sebagai sarana networking dan memperkenalkan diri mereka ke pihak perusahaan. Sedangkan bagi perusahaan, ini adalah kesempatan mencari kandidat paling tepat untuk mengisi posisi kerja yang lowong di perusahaan mereka.

Nah, supaya Anda dapat mengikuti dan memanfaatkan bursa kerja dengan baik, hindari beberapa kesalahan berikut.

Bertanya tentang informasi yang sudah ada di website

Jangan mengajukan pertanyaan yang sudah ada jawabannya di website perusahaan. Sebaliknya, ajukanlah pertanyaan berdasarkan informasi yang muncul dari hasil riset Anda. Misalnya, mendiskusikan lebih detil tentang produk baru atau tentang jenjang karier di perusahaan tersebut.

Riset juga membantu Anda mengetahui perusahaan apa saja yang akan mengikuti job fair dan lowongan pekerjaan apa saja yang mereka buka. Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan pengetahuan dan minat Anda terhadap perusahaan sekaligus memberi kesan baik kepada perekrut karyawan di perusahaan tersebut. Demikian dilansir Business Insider, Rabu (1/10/2014).

Tampil seadanya

Setiap perwakilan perusahaan bertemu dengan ratusan hingga ribuan orang dalam bursa kerja. Sapaan sederhana dan hanya meninggalkan CV di booth mereka tidaklah cukup. Anda perlu memberi tahu perusahaan cerita keberhasilan Anda, prestasi dan apa yang membedakan Anda dengan kandidat lain.

Santai

Ini bukan saatnya bermalas-malasan. Tunjukkan antusiasme dan minat Anda dengan jabatan tangan yang erat, kontak mata yang baik, senyuman serta obrolan menyenangkan dengan perwakilan perusahaan. Selalu ingat, perwakilan perusahaan bekerja untuk merekrut karyawan. Jadi, fokuslah untuk menunjukkan kegunaan bakat Anda bagi perusahaan.

Tidak konsentrasi

Jika Anda harus mengantri untuk berbicara dengan perwakilan perusahaan, jangan melamun. Manfaatkan waktu dengan mendengarkan percakapan orang lain. Kemudian, Anda bisa menggunakan informasi tersebut sebagai bahan pembicaraan dengan perwakilan perusahaan.

Tidak siap diwawancara

Bursa kerja biasanya dimanfaatkan pihak perusahaan sebagai tahap seleksi awal terhadap kandidat karyawan. Jadi, jangan sampai Anda gelagapan saat perusahaan mewawancarai Anda.

Pertanyaan yang sering diajukan saat sesi wawancara kerja adalah, "Jelaskan tentang diri Anda." Jadi, siapkan jawaban paling tepat untuk mengesankan si penanya dalam waktu singkat. Jangan lupa, sebutkan juga kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

Keuntungan lain dari sebuah job fair adalah mampu membangun kepercayaan diri Anda. Jika Anda melihat kegiatan ini dengan pikiran terbuka, keinginan berpetualang dan kesempatan belajar, maka Anda akan berkembang dengan maksimal. 

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini