Share

Raja Solo Dipastikan Akan Penuhi Panggilan Polisi

Bramantyo, Okezone · Selasa 30 September 2014 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 511 1046283 NMyFSDhwhf.jpg Raja Solo Dipastikan Akan Penuhi Panggilan Polisi (ilustrasi)

SOLO - Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono (PB) XIII, dipastikan akan memenuhi panggilan Kepolisian atas dugaan pelecehan seksual terhadap siswa SMK hingga korban kini mengandung.

Adik Kandung Pakubuwono XIII, GPH Suryo Wicaksono, mengatakan, tidak ada alasan bagi Keraton untuk melindungi Rajanya. Hal ini disebabkan PB XIII hidup di negara hukum dan harus menghormati proses hukum.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"PB XIII akan datang memenuhi surat pemanggilan dari Polisi. Bagaimanapun, Raja tetap harus menghormati proses hukum. Ini negara hukum dan Raja hidup di negara yang menjunjung hukum," kata pria yang akrab disapa Gusti Nino saat dihubungi Okezone, Selasa (30/9/2014).

Kehadiran PB XIII, lanjut Gusti Nino, juga untuk menjaga nama baik Keraton dan mengakhiri tudingan kepada PB XIII.

"Keraton tidak akan melakukan pembelaan, namun pihak yang melakukan pembelaan itu pengacara Raja sendiri. Sinuhun telah menunjuk kuasa hukum yang akan menangani kasusnya," paparnya.

Gusti Nino mengaku, kasus yang ditujukan kepada PB XIII ini berbeda dengan tudingan serupa seperti di Karanganyar. Saat tudingan pelecehan seksual di Karanganyar, PB XIII memanggil semua kerabat Keraton untuk memberikan keterangan kalau dirinya tidak melakukan seperti yang dituduhkan tersebut.

"Untuk di Sukoharjo ini, Sinuhun tak memanggil kita semua. Kesehatan Sinuhun yang terus menurun, sehingga kesulitan untuk berbicara. Jadi kami pihak keluarga tak banyak yang tahu tentang kasus tersebut. Beda dengan yang terjadi saat Karanganyar, Sinuhun memanggil kita dan menyatakan kalau tudingan asusila tersebut tidak benar," tuturnya. (kem)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini