nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Sapi Kurban Pesanan Pejabat Rp70 Juta per Ekor

Yuwono (Wahyu), Jurnalis · Selasa 30 September 2014 04:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 09 30 527 1046103 3QnKSzmQxW.jpg Sapi kurban di Lembang, Bandung Barat, banyak dipesan pejabat (Ilustrasi, Foto: Antara)

BANDUNG BARAT - Tidak salah jika kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, termasuk sentra pembibitan sapi terbesar di Indonesia. Mendekati Idul Adha, para peternak di sana kebanjiran pesanan.  

Dari kalangan pejabat, menteri dan anggota DPR sudah memesan sapi di salah satu peternakan di sana. Berat badan dan harga sapi yang dijual cukup fantastis, yakni mencapai 1,1 ton dengan harga Rp70 juta per ekor.

 

Seorang peternak, Ahmad Baehaki, mengaku menyiapkan sekira 50 ekor sapi dari berbagai jenis untuk dijual pada Idul Adha tahun ini. Rata-rata sapi-sapinya sudah dipesan oleh perorangan maupun perusahaan ternama di Bandung dan Jakarta.

 

Pemilik peternakan sapi CV Cuta Benggala Lestari itu menyebut beberapa perusahaan di antaranya merupakan BUMN. Sementara di kalangan pejabat di antaranya Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung yang memesan dua ekor sapi jenis brahman serta beberapa anggota DPR.

 

Harga sapi yang dijual di tempatnya antara Rp30 juta dan Rp70 juta. Harga termahal untuk sapi seberat 1,1 ton.

 

Baihaki menyebutkan, sapi yang dijual di tempatnya berjenis brahman, limosin simental, angus, hingga sapi perah jantan. Sapinya bahkan pernah dibeli Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Tidak hanya dari kalangan pejabat, masyarakat termasuk dewan keluarga mesjid (DKM) di wilayah Bandung, Tasikmalaya, Bogor, dan Banten pun ikut memesan sapi di tempatnya. Namun mereka biasanya memesan sapi yang lebih kecil.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini