Image

Hujan Abu Gunung Sinabung Guyur Karo, Petani Menderita

Eben Pinem, Jurnalis · Rabu, 1 Oktober 2014 - 10:16 WIB
Aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi, hujan abu guyur Karo (Ilustrasi, Foto: Okezone) Aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi, hujan abu guyur Karo (Ilustrasi, Foto: Okezone)

KARO - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung kembali meningkat. Pada Selasa 30 September 2014 malam, gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, itu kembali meletus.

 

Akibatnya, permukiman dan lahan pertanian warga diselimuti abu. Para petani pun terpaksa memanen tanaman mereka lebih awal guna memperkecil kerugian.

Tanaman seperti tomat, cabai, terong, dan kol rusak akibat abu vulkanik Gunung Sinabung.

Seorang petani asal Desa Jaranguda, Kartono, Rabu (1/10/2014), menuturkan, beberapa hektare tanaman tomatnya rusak diterjang abu vulkanik.

Dia mengaku mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk menanam tomat. Sebenarnya tanaman tomatnya memasuki masa panen sebentar lagi. Namun, aktivitas Gunung Sinabung yang masih tinggi memupuskan harapannya untuk mendapat untung besar.

Saat ini yang bisa dilakukannya adalah memanen lebih awal tomat yang belum rusak untuk menghindari kerugian lebih besar. Harga jual tomat prematurnya itu juga lebih rendah. Hal yang sama juga dilakukan petani lainnya.

Aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi beberapa hari terakhir. Pada Selasa 30 September pukul 17.20 WIB, Sinabung meletus dengan memuntahkan abu vulkanik setinggi dua kilometer. Awan panas itu juga keluar dari kawah dengan jangkauan 3,5 kilometer.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming