nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Ditolak, PM India Akhirnya Sambangi AS

Andreas Gerry Tuwo, Jurnalis · Rabu 01 Oktober 2014 09:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 01 413 1046690 ERfB0lAKM3.jpg Sempat Ditolak, PM India Akhirnya Sambangi AS (Foto:Reuters)

NEW DELHI - Perdana Menteri (PM) baru India, Narendra Modi, akhirnya menginjakkan kaki di Amerika Serikat (AS). Sebelum menjabat sebagai PM, Modi sempat dilarang mengunjungi AS.

Hal tersebut terkait kerusuhan yang terjadi di Negara Bagian Gujarat pada 2002. Ketika itu, Gujarat dilanda kerusuhan antaragama. Kejadian ini menelan lebih dari 1.000 korban jiwa.

Kerusuhan tersebut dikecam keras oleh AS. Modi pun dituding sebagai sosok yang harus bertanggung jawab bukan hanya karena saat itu dia menjabat sebagai Gubernur Gujarat, namun dirinya diduga menjadi penghasut kaum nasionalis mayoritas untuk membantai kelompok minoritas India.

Namun, semua tuduhan dari AS berubah drastis ketika Modi terpilih menjadi PM. Bahkan setelah resmi terpilih Presiden Amerika Serikat mengundang Modi mengunjungi Washington.

Merespons undangan dari Obama, Modi yang merupakan pentolan dari partai berkuasa Bharatiya Janata Party memutuskan untuk menerima undangan dari Obama. Dia pun berangkat ke Negeri Adidaya demi mempererat hubungan dua negara yang memiliki penduduk yang sangat besar di dunia.

"Kami telah memiliki fondasi hubungan yang sangat kuat," sebut Modi di Washington, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/10/2014).

"Kami sekarang harus menghidupkan kembali momentum ini dan memastikan bahwa kami mendapatkan hal terbaik yang berguna bagi bangsa kami dan dunia," tambah Modi.

Senada dengan Modi, Obama pun tak sungkan melayangkan pujian bagi orang nomor satu di Pemerintah India ini.

"Saya berharap dia selalu sukses dalam menghapi segala tantangan yang dihadapinya," tandas Obama.

(ger)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini