nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keadaan di Hong Kong Diperhatikan Obama

Andreas Gerry Tuwo, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014 08:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 02 413 1047172 trlaCeUWMT.jpg Keadaan di Hong Kong Diperhatikan Obama (Foto:Reuters)

WASHINGTON - Demo yang berujung kericuhan yang terjadi di Hong Kong ternyata mengundang Amerika Serikat (AS) angkat bicara. Negeri Adidaya ini menegaskan mereka terus memperhatikan keadaan Hong Kong.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Bahkan Obama mengutarakan kekhawatirannya kepada Menteri Luar Negeri China, Wang Yi On.

Obama mendesak agar masalah Hong Kong dapat diselesaikan dengan solusi damai. Hal ini sangat penting karena kondisi di Hong Kong berpontensi berubah menjadi kerusahan besar.

"Perkembangan di Hong Kong terus dicermati oleh AS dan kami juga menyampaikan harapan kami yang besar kepada Hong Kong," sebut pernyataan resmi Gedung Putih, seperti dikutip dari JPost, Kamis (2/10/2014).

Tidak cuma itu, terkait dengan masalah ini Obama juga menyampaikan dirinya berencana mengunjungi Negeri Tirai Bambu. Kunjungan tersebut rencananya dilakukan akhir tahun ini.

Saking seriusnya, saat nanti menyambangi Obama akan ditemani Susan Rice. Perempuan ini adalah Penasihat Keamanan Gedung Putih.

"AS secara konsisten mendukung sistem terbuka yang penting untuk stabilitas, kemakmuran, hak pilih universal, dan aspirasi masyarakat Hong Kong." tandas pernyataan resmi Gedung Putih.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini