Image

Rusia Temukan Kuburan Massal di Ukraina

Andreas Gerry Tuwo, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014, 17:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 10 02 414 1047367

JAKARTA - Fakta mengejutkan diutarakan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin. Dia menyebut, di Timur Ukraina ditemukan kuburan massal.

 

Keterangan ini disampaikan Galuzin dalam jumpa pers kantor kedutaan Rusia di Jakarta. Dijelaskannya, tempat di mana kuburan itu ditemukan sebelumnya merupakan wilayah operasi militer Pemerintah Ukraina.

 

Dalam jumpa pers itu, Galuzin sempat memperlihatkan tayangan ketika kuburan ini ditemukan. Diakuinya, tayangan penemuan tersebut tidak pernah disiarkan atau diberitakan media barat.

 

Kuburan itu terungkap setelah Militer Ukraina angkat kaki dari tempat ini. Lokasi tersebut ditemukan oleh pasukan Republik Rakyat Donetsk atau yang disebut Militer Ukraina, kelompok separatis pro-Rusia.

 

"Parahnya lagi, korban yang dikubur dalam kuburan ini adalah wagra sipil yang terdiri dari laki-laki dan perempuan," sebut Galuzin di Jakara, (2/10/2014).

 

Galuzin menjelaskan, dari keterangan Pasukan Republik Rakyat Donetsk dan kelompok peninjau internasional yang ikut dalam operasi, korban yang ada dalam kuburan berjumlah 100 orang lebih.

 

Tak hanya itu, galuzin pun menjawab kemungkinan bahwa kuburan massal ini adalah kuburan massal yang sudah lama ada namun baru ditemukan. Menurutnya dari gambar yang dia lihat, terpampang kondisi jenazah itu tidak mungkin sudah lama dikubur.

 

"Pastinya korban yang ditemukan di kuburan massal ini baru saja meregang nyawa," sambung dia.

 

"Ini adalah jenezah yang baru tidak mungkin berasal dari perang dunia II," pungkas dia. (hmr)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini