Image

Ratusan Ribu Tentara Rusia Masih di Ukraina

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Kamis 02 Oktober 2014, 20:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 02 414 1047538 K0H3YlC7qS.jpg Ratusan Ribu Tentara Rusia Masih di Ukraina. (Foto: Reuters)

BRUSSELS – Juru Bicara Militer NATO mengatakan ratusan tentara Rusia termasuk pasukan khusus, masih berada di Ukraina dan Moskow. Sedangkan 20 ribu tentara lainnya masih berada di dekat perbatasan Ukraina.

 

Satu bulan lalu, NATO mengatakan Rusia telah mengirimkan ribuan tentara dan ratusan tank serta kendaraan perang di Ukraina bagian Timur. Kehadiran mereka untuk mendukung separatis pro-Rusia yang sedang bertarung dengan tentara Ukraina.

 

Pekan lalu, aliansi mengatakan telah mengamati mundurnya pasukan Rusia dari dalam Kota Ukraina sejak gencatan senjata disepakati pada 5 September.

 

Namun, NATo melihat sama sekali tidak ada pengurangan tentara Rusia di Ukraina selama pekan lalu. Demikian kata Juru Bicara Militer NATO Lt-Kolonel Jay Janzen.

 

“Ratusan tentara Rusia termasuk pasukan khusus sepertinya masih ada di dalam Ukraina,” kata Janzen, seperti diberitakan Reuters, Kamis (2/10/2014).

 

“Sementara, 20 ribu pasukan Rusia juga masih ada di perbatasan antara Rusia dengan wilayah timur Ukraina,” lanjutnya. (hmr)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini