nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doraemon Ajak Anak Cintai Batik

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Sabtu 04 Oktober 2014 09:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 10 03 65 1047950 H7j88AGY7E.jpg Untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap batik, mahasiswa UNY membuat Batmon alias Batik Doraemon. (Foto: dok. UNY)

JAKARTA - Kecintaan terhadap warisan budaya Indonesia, seperti batik harus ditanamkan dalam diri anak sejak kecil. Maka, diperlukan motif batik unik yang mampu menarik perhatian anak-anak.

Menangkap peluang itu, empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan batik bermotif tokoh kartun yang akrab dengan dunia anak-anak. Keempat mahasiswa itu ialah Ratna Very Viana, Trialita Ika Rahmawati, Palupi Yuliyani, dan Andika Setyo Wicaksono.

Tokoh kartun yang diangkat oleh empat sekawan itu ialah Doraemon. Mereka memodifikasi batik cap bermotif karakter kartun doraemon namun tetap mengedepankan nuansa tradisional dengan berbusana adat Jawa.

"Kami bekerjasama dengan mitra dalam pembuatan cap batik doraemon dan proses membatiknya. Penjahitan bahan menjadi baju disesuaikan dengan ukuran anak," ujar Ratna, seperti disitat dari situs UNY, Sabtu (4/10/2014).

Baju batik yang telah diproduksi oleh mitra produksi, kata Ratna, selanjutnya dimasukkan dalam plastik dan diberi label produk "Batmon" di bagian kerah baju. Setiap potong mereka banderol dengan harga Rp60 ribu. Sementara untuk media promosi mereka menggunakan jejaring sosial.

"Promosi dan pemasaran yang kami lakukan adalah promosi dari mulut ke mulut, membuat fans page di jejaring sosial seperti facebook, twitter, pemasangan iklan di media massa, menyebar pamflet dan melakukan promosi ke masyarakat umum," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini