nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY Keluarkan Keppres, Ahok Resmi Plt Gubernur DKI

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Jum'at 17 Oktober 2014 12:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 17 338 1053437 O3B2bTyNiz.jpg

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyetujui pengunduran diri Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur DKI Jakarta melalui Keputusan presiden (Keppres) yang juga disertai dengan pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Keppres pengunduran diri Jokowi telah terbit dengan nomor 98/T/2014 tentang Persetujuan Pemberhentian Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, dengan terbitnya Keppres pengunduran diri Jokowi sebagai gubernur, maka kendali Pemprov DKI Jakarta kini berada di bawah Ahok.

Untuk pelantikan Ahok sebagai Gubernur defenitif, kata Prasetyo, akan dibahas dalam waktu dekat.

"Nanti saya akan berkomunikasi dengan teman-teman di seluruh fraksi untuk membahas tentang pengajuan pelantikan Ahok sebagai gubernur defenitif," ujar Prasetyo, Jumat (17/10/2014).

 

Pembahasan Ahok sebagai gubernur defenitif, sambungnya, akan dilakukan setelah semua alat kelengkapan DPRD rampung.

Sebab, pekerjaan DPRD menjelang akhir tahun ini cukup padat. Mulai dari rencana pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2015, pembentukan alat kelengkapan dewan dan sejumlah agenda lainnya.

Karenanya, dia berharap seluruh anggota DPRD mau bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik. Tidak ada indikasi jegal menjegal. "Kita bangun Jakarta ini dengan suasana kondusif. Mohon dukungannya dari masyarakat," harapnya.

Terkait siapa yang akan mendampingi Ahok sebagai Wakil Gubernur DKI, Prasetyo belum mau membahasnya. "Kita lihat saja prosesnya secara konstitusi saja," tandasnya.

Secara terpisah, Ahok menyatakan, dirinya belum melihat secara langsung isi Keppres yang menyatakan dirinya sebagai Plt Gubernur DKI. "Saya belum lihat suratnya. Jadi tidak bisa komentar," kata Ahok.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini