Image

Jalin Keakraban, Hima Technopreneurship SU Gelar Sore Keakraban

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Senin, 20 Oktober 2014 - 10:09 WIB
Jalin Keakraban, Hima SU Gelar Sore Keakraban (Foto: dok. okezone) Jalin Keakraban, Hima SU Gelar Sore Keakraban (Foto: dok. okezone)

JAKARTA - Sebagai mahasiswa baru (maba), setiap siswa harus bisa menyatu atau berbaur dengan kakak kelasnya di kampus. Begitupun dengan sang kakak, harus mengenal adik kelasnya, agar kegiatan perkuliahan menjadi lebih menyatu.

Berdasarkan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa (Hima) Technopreneurship Surya University (SU) mengadakan Sore Keakraban (Sokakrab) di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Acara ini pun diisi berbagai kegiatan, mulai talent show hingga penanaman pohon bakau.

Ketua Hima Technopreneurship Surya University (SU) Erwin Chua mengatakan, acara Sokakrab bertujuan memperkenalkan mahasiswa baru dengan mahasiswa pendahulunya, seperti mahasiswa angkatan 2013 dan 2014.

"Sokakrab memiliki rangkaian acara seperti techno talent show (TTS) atau pertunjukan bakat yang terdiri dari enam kelompok yang di dalamnya terdiri atas mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 dari total 111 mahasiswa yang hadir dalam acara ini," ujar Erwin saat berbincang dengan Okezone dalam acara Sokakrab Hima Technopreneurship SU di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, belum lama ini.

Mahasiswa angkatan 2013 itu melanjutkan, walaupun mereka yang hadir hanya berjumlah 111 dari 170 mahasiswa yang terdaftar, acara tetap meriah dan berlangsung akrab.

"Tujuan dari TTS ini mengembangkan sikap kepercayaan diri para mahasiswa, mereka menunjukkan bakat-bakat yang unik dan mempunyai nilai tambah," ucapnya.

Mahasiswa asal Kalimantan Barat, Pontianak, itu menambahkan, di Hima Technopreneurship SU juga mengadakan acara mingguan yang bernama talk and share yang diadakan di kampus setiap Kamis. Mahasiswa membagi cerita dan pengalamannya untuk berbagi ke mahasiswa lain.

Hal senada diungkapkan Ketua Panitia Sokakrab Hima Technopreneurship SU, Cheryl Ariella Wijaya, acara yang bertema "Have Fun and Save the Earth" itu diadakan ketika para mahasiswa baru menyelesaikan ujian tengah semester (UTS), sekaligus menyambut maba setelah ospek pada September.

"Selain acara TTS, kegiatan Sokakrab untuk yang kedua kalinya ini memiliki rangkaian acara lain, yaitu penanaman 500 pohon mangrove (bakau) dalam rangka peduli terhadap lingkungan hidup. Acara ini senang-senang, tapi tetap peduli lingkungan. Kita ingin coba kegiatan yang baru saja, karena Sokakrab tahun lalu diadakan di kampus," ungkap mahasiswi angkatan 2013 itu.

Dalam acara TTS, ada enam kelompok yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang mempertunjukkan bakatnya. Seperti, penampilan musik dengan aransemen yang diciptakan sendiri oleh mahasiswa kolaborasi antara musik tradisional Sunda dengan musik keroncong.

Kemudian, para mahasiswa juga menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dengan menggunakan sembilan bahasa yang terdiri dari bahasa Spanyol, Mandarin, Arab, Teochew, Sunda, Inggris, Jawa, Lampung, dan bahasa Indonesia.

Selain itu, beberapa mahasiswa yang berasal dari Papua mempertunjukkan tarian yospan khas adat Papua. Lalu untuk menutup kegiatan TTS, salah satu mahasiswa Papua juga mempertunjukkan stand up comedy khas Papua yang bernama MOP, para mahasiswa pun tertawa atas lelucon yang dilontarkan oleh mahasiswa asal Papua itu.  (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming