nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unpad Resmi Ganti Status Jadi PTN BH

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 20:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 20 65 1054752 SRd7yJW6YL.jpg Foto : Unpad Resmi Ganti Status Jadi PTN BH/Unpad

JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung resmi berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kemarin.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad Setiawan mengungkapkan, penetapan status PTN BH melalui PP tersebut didasari evaluasi kinerja yang telah dilakukan Unpad beberapa tahun terakhir.

“Waktu itu, Prof Johannes Gunawan (staf ahli Dikti) mengingatkan amanat PP Nomor 4 bahwa transformasi menjadi PTN-BH harus ada dulu yang namanya peraturan pemerintah untuk penetapan. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud),” kata Setiawan, seperti dilansir dari laman Unpad, Senin (20/10/2014).

Dia menjelaskan, ada beberapa poin yang dievaluasi pada evaluasi kinerja, yaitu kualitas akademik, akreditasi institusi, tata kelola, pengelolaan keuangan, prestasi, hingga kepedulian sosial. Adapun tim independen yang dibentuk terdiri dari Dirjen Dikti, Direktur Kelembagaan, para Kepala Biro, Prof Johannes Gunawan, Sekretaris DPT, serta perwakilan tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) yang sudah berstatus PTN BH dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sebagai penanggung jawab.

"Hasil evaluasi tersebut kemudian disampaikan dan dilakukan harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM untuk selanjutnya diproses ke Sekretariat Negara (Setneg) dan disampaikan ke Kantor Kepresidenan untuk ditandatangani. Status PTN BH tersebut berlaku sejak tanggal penetapan,” ujarnya.

Dalam prosesnya, ada tiga PTN lain yang juga ditetapkan menjadi PTN BH, yaitu Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sementara tujuh PTN yang telah lebih dulu menyandang status PTN BH ialah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

"Kami sedang melakukan penyusunan anggaran dasar (statuta) lanjutan. Penyusunan tersebut sudah sampai pada tahap pra-harmonisasi yang ditargetkan akan selesai dalam waktu satu bulan untuk kemudian disampaikan ke Setneg hingga Kantor Kepresidenan. Kami harapkan cepat selesai, asalkan pemerintahan baru kita tidak terlalu lama adaptasinya,” tutur Setiawan.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini