nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ITB Borong Juara di Kontes Robot Terbang 2014

Margaret Puspitarini, Jurnalis · Selasa 21 Oktober 2014 07:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 10 20 65 1054804 lnwQa2fB03.jpg ITB Borong Juara di Kontes Robot Terbang 2014 (Foto: dok. ITB)

JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali memborong juara dalam ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2014. Kali ini giliran Tim Aksantara ITB yang berhasil membawa pulang tiga kategori penghargaan.

 

Ketiga kategori kontes robot tersebut ialah juara pertama dalam kategori robot terbang sayap tetap (fix wing), desain terbaik, dan presentasi terbaik. Berlokasi di Pasuruan, kegiatan kali kedua itu diikuti oleh 30 peserta dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan umum.

Tim Aksantara ITB terdiri atas Rivaldy Varianto, Galan Fazlur Rahman, Muhammad Rafi Hadytama, dan Harish Mahatma Putra. Mereka juga disokong oleh sekira 20 anggota lain yang berasal berbagai disiplin ilmu seperti Teknik Mesin dan Teknik Geologi.

Dua kali mengikuti KRTI, tim asal ITB belajar dari kegagalan mereka di tahun sebelumnya. Terpaksa pulang dengan tangan hampa pada KRTI 2013 di Jatinangor, Tim Aksantara mempelajari kembali robot mereka sejak awal.

"Kami mengonsep suatu pesawat yang berbeda, melakukan evaluasi dan perbaikan dari tahun lalu. Intinya kami berbekal semangat dan kerja keras," ujar Galan Fazlur Rahman, seperti dikutip dari laman ITB, Selasa (21/10/2014).

Selama lima bulan persiapan, Tim Aksantara menghadapi berbagai kendala. Terutama saat melakukan uji terbang. Analisis hitungan akan berbeda pada saat di uji di kenyataan.

Perbedaan itu sering membuat kesalahan teknis pada pesawat sehingga pengujian di awal sering mengalami kegagalan.

Galan berharap, ke depan, pesawat karya mereka bisa digunakan untuk keperluan pemantauan di kehidupan nyata. Selain itu, model ini juga bisa membantu TNI untuk menjaga kedaulatan.

"Inginnya bisa berkontribusi untuk menjaga kedaulatan Indonesia seperti di daerah pantai. Selain dengan kapal laut, juga bisa dengan teknologi drone ini," imbuhnya.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini