nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arca Mataram Hindu Ditemukan di Sleman

Markus Yuwono, Jurnalis · Selasa 21 Oktober 2014 19:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 21 340 1055184 arca-mataram-hindu-ditemukan-di-sleman-c8NXLCvuU8.jpg Arca Mataram Hindu Ditemukan di Sleman

SLEMAN- Seorang buruh bangunan pendirian base transceiver station (BTS) menemukan Arca Mahakala, di daerah Pangukan RT 01 RW 09 Tridadi, Sleman, DIY, kemarin pagi. Arca diperkirakan berasal dari zaman Mataram Hindu abad 9 Masehi.

 

“Waktu saya menggali pada Minggu (19/10) di kedalaman sekitar 2 meter, membentur batu berbentuk persegi panjang dan belum saya angkat,” katanya kepada wartawan, Selasa (21/10/2014).

 

Dia mengatakan sehari berikutnya memberanikan diri menggali dan mengangkat, ternyata batu tersebut sebuah arca. “Bentuknya arca seperti yang di candi-candi. Tapi seperti sudah rusak dibeberapa bagian. Siangnya saya lapor ke Dinas, siapa tahu benar batu candi,” imbuhnya.

 

Setelah melapor ke Dinas Kebudayaan Sleman yang dilanjutkan ke BPCB DIY Senin (20/10), tim tiba dilokasi. Usai melakukan pengecekan, petugas lalu membawa patung ke kantor  BPCB.

 

Kepala saksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB DIY Wahyu Astuti, mengatakan patung yang ditemukan merupakan arca Mahakala, yang diperkirakan berasal dari zaman Mataram Hindu.

 

Dijelaskannya, arca tersebut biasanya berada di pintu sebuah candi. “Mahakala yang ditemukan di Tridadi ini memegang senjata gada jadi letaknya di sebelah kanan pintu candi, sementara yang kiri memegang pedang,” jelasnya.

 

Wahyu mengatakan, pihaknya akan mengecek lokasi penemuan arca. Selain itu juga akan memberikan penghargaan kepada Supardi.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini