nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menanti Mobil Hasil Kolaborasi Indonesia dan Malaysia

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 23 Oktober 2014 11:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 10 23 15 1055923 menanti-mobil-kolaborasi-indonesia-dan-malaysia-fCMHLXaVpS.jpg F: Menanti Mobil Kolaborasi Indonesia dan Malaysia (the star)

JAKARTA - Usai pelantikan, Senin (20 Oktober 2014), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari sejumlah perwakilan tamu negara asing di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Salah satu yang hadir adalah Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak.

Kedua kepala Negara tersebut terlibat pembicaraan mengenai proyek industri automotif di kawasan ASEAN. Kabarnya Indonesia dan Malaysia akan berkolaborasi menjalankan proyek mobil ASEAN, dalam hal ini pabrikan mobil asal Malaysia, Proton Holdings Bhd akan terlibat. Demikian seperti dilansir Bernama (23/10/2014).

Terkait pembicaraan tersebut, Presiden Jokowi menaruh minatnya untuk segera menjalankan proyek mobil ASEAN dan mewujudkannya dalam sebuah kenyataan.

"Produksi mobil ASEAN oleh Indonesia dan Malaysia akan dijalankan dan ide itu disambut oleh Presiden Jokowi yang ingin ide itu terus diusahakan. Ini berarti Proton dan Indonesia akan meluncurkan mobil ASEAN sebagai proyek yang layak setelah dilakukan penelitian yang mendalam." ujar Datuk Seri Najib Tun Razak.

Najib berharap, di pemerintahan baru Indonesia akan terus mengedepankan ekonomi terbuka agar bisa memperluas perdagangan antar kedua negara.

Saat ini Indonesia memiliki sejumlah proyek mobil nasional seperti GEA, sebuah mobil berukuran kecil dengan kapasitas 640 buatan PT INKA (Industri Kereta Api).

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini