Image

Berkonsep Green Campus, Binus Alam Sutera Hemat Energi

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Jum'at 24 Oktober 2014 16:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 24 65 1056477 berkonsep-green-campus-binus-alam-sutera-hemat-energi-cGNC9RblNK.jpg Berkonsep {Green Campus}, Binus Alam Sutera Hemat Energi (Foto: dok. okezone)

TANGERANG - Memiliki bangunan yang ramah lingkungan, Binus University Alam Sutera menerapkan konsep green campus. Sehingga, pemakaian fasilitas-fasilitas di sana menjadi hemat energi.

Penggunaan listrik seperti AC dan lift menggunakan teknologi terbaru untuk penghematan, yaitu teknologi mechanic engineering.

"Untuk penggunaan listrik, Binus Alam Sutera memiliki ruang terbuka sebagai ventilasi udara di beberapa lantai. Ruang terbuka tersebut berbentuk balkon dan memiliki pintu untuk menarik angin masuk ke ruangan. Fungsi angin yang mengalir masuk tersebut menjadikan penggunaan listrik AC tidak terlalu besar, karena ketika perkuliahan berlangsung, angin tersebut bisa digunakan, sehingga AC bisa dimatikan," beber Managing Director Bina Nusantara Group Stephen Wahyudi Santoso, belum lama ini.

Sehingga, lanjut Stephen, penggunaan AC memiliki watt yang kecil. Jika tidak ada angin yang masuk ke ruangan, maka dapat menggunakan AC yang memiliki kebutuhan listrik yang rendah.

"Untuk penggunaan lampu, Binus Alam Sutera menggunakan cahaya dari sinar matahari sebagai alat bantu penerangan pada siang hari. Oleh karena itu, gedung tersebut memiliki banyak jendela kecil yang terbuat dari kaca agar sinar matahari tersebut dapat menerangi ruangan. Pada malam hari, kampus tersebut menggunakan lampu berteknologi LED dengan watt yang tidak terlalu besar, sehingga menjadi hemat energi," jelasnya.

Kemudian, hal yang membuat Binus Alam Sutera berkonsep green campus lainnya yaitu dengan pemanfaatan air hujan. Air hujan tersebut dapat digunakan dengan ditampung untuk keperluan kampus, seperti menyiram tanaman dan kloset kamar mandi. Sehingga, kampus tersebut hemat air.

Hal senada dengan Rektor Binus University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo. Mereka memiliki konsep green campus yang ramah energi. Sehingga, tidak seperti gedung yang semakin luas maka semakin besar mengeluarkan biaya.

"Dengan konsep green campus, mahasiswa harus digalakkan untuk memiliki kesadaran akan lingkungan. Dan saat ini sudah mulai menanam pohon," ujar Harjanto.

Alasan Binus mendirikan kampus baru di Alam Sutera karena Kota Tangerang sedang berkembang. Selain itu, banyak daerah yang sulit untuk mendapatkan lahan yang hijau, terutama di Jakarta. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini