nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingkah Museum Sumpah Pemuda?

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Selasa 28 Oktober 2014 18:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 10 28 65 1058116 pentingkah-museum-sumpah-pemuda-o4TahbGu6j.jpg Pentingkah Museum Sumpah Pemuda? (Foto: Faisal Rachmad/Okezone)

JAKARTA - Setiap museum sangat penting keberadaannya. Sebab, dapat dijadikan sarana oleh masyarakat untuk mengetahui informasi berupa sejarah maupun budaya.

Dengan demikian, masyarakat pun akan memiliki ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai bekal pendidikan. Salah satu museum yang saat ini terdapat adalah Museum Sumpah Pemuda.

Tetapi, masih banyak anak muda yang kurang paham tentang makna dari Sumpah Pemuda tersebut. Padahal, Museum sumpah pemuda juga penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah seorang staf Museum Sumpah Pemuda, Bakti Ari, mengatakan, pentingnya Museum sumpah pemuda yang paling penting adalah dapat menyebarkan nilai-nilai persatuan agar masyarakat Indonesia tidak pecah dan menjaga keutuhan bangsa.

"Generasi muda Indonesia belum memahami makna Sumpah Pemuda secara dalam dan tidak mampu memahaminya. Masyarakat Indonesia lebih menyukai hal-hal yang instan. Oleh karena itu, menjadi malas mencari informasi mengenai makna Sumpah Pemuda," ujarnya saat berbincang dengan Okezone di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat.

Ia mengungkapkan, mengajak anak muda untuk mengunjungi museum tidaklah mudah dan membutuhkan proses. Sebab, anak muda malas mencari informasi dan cenderung tidak suka, maka hal tersebut menjadi hal yang paling berbahaya. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini