nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Sleman Dihebohkan Keluarnya Asap dari Tanah

Prabowo, Jurnalis · Senin 03 November 2014 12:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 11 03 340 1060326 warga-sleman-dihebohkan-keluarnya-asap-dari-tanah-fFE1msLuSE.jpg Warga Sleman Dihebohkan Keluarnya Asap dari Tanah (Foto: Prabowo/okezone)

SLEMAN - Gundukan tanah di Kampung Kranggan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman tiba-tiba mengeluarkan asap.

Tak khayal, peristiwa yang baru diketahui pada Minggu 2 November malam itu membuat warga setempat gempar.

Kepala BPBD Sleman, Yuli Setiono, menjelaskan, peristiwa keluarnya asap itu bukan fenomena alam. Ditengarai munculnya asap itu karena pemilik tanah, Jafar Sodik menumpuk sampah batu-bara dari pabrik gula di DIY.

"Ini bukan fenomena alam, pemilik lahan menumpuk sisa pembuangan dari Pabrik Madukismo di sini. Tujuannya untuk bahan campuran pembuatan batako," kata Yuli Setiono di lokasi kejadian, Senin (3/11/2014).

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah menyiram lokasi tersebut dengan air. Selanjutnya, mengurai tumpukan tanah agar terkena udara sehingga tidak menimbulkan panas.

"Kita siram, nanti kita urai agar tidak panas," katanya.

Untuk menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan, petugas memasang garis polisi di sekitar gundukan tanah. Dua unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Sleman diterjunkan ke lokasi untuk mendinginkan lahan.

Warga setempat terlihat menyaksikan penyemprotan gundukan tanah. Begitu juga dengan beberapa petugas BPBD Sleman terlihat mengurai tumpukan tanah.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini